Cyber Cuttlefish, Robot Bawah Laut yang Memiliki Sirip

Cyber Cuttlefish Robot Bawah Laut yang Memiliki Sirip Cyber Cuttlefish (Foto: Dailymail)

Covesia.com - Sebuah tim dari mahasiswa teknik Swiss Federal Institute of Technology, Zurich telah menciptakan mesin empat-bersirip disebut Sepios yang meluncur dalam air dengan mudah.

Cyber Cuttlefish adallah robot yang dirancang untuk eksplorasi bawah laut di daerah. Robot ini berenang tanpa baling-baling sehingga tidak mengubah aliran air dan tidak merusak rumput laut. Selain itu, robot ini tidak akan menimbulkan hewan laut stress karena tidak mengeluarkan suara bising.

Dilansir Dailymail, Kamis (15/1/15), robot yang memiliki panjang 70 cm dan berat 23 kg ini diciptakan karena terinspirasi dari sirip ikan dan cara berenang cumi-cumi. Cyber Cuttlefish diproyeksi dapat digunakan untuk proyek-proyek fotografi bawah air.

Sirip simetris terinspirasi dari cumi-cumi dan memungkinkan untuk bergerak ke segala arah sehingga dapat dikemudikan secara individual.

Pada setiap sirip dalam robot ini tedapat sembilan motor servo yang berfungsi menggerakan masing-maising sirip. Meskipun hanya bisa digunakan pada kedalaman maksimal 10 meter, robot ini sanggup melaju hingga kecepatan 1,8 km/jam.

Setelah ini, para peneliti tersebut akan mencoba mencari formula khusus yang dapat membuat alat ini berkamuflase dengan lingkungan sekitar, seperti yang dilakukan oleh bunglon laut. (osd/utr)

Berita Terkait

Baca Juga