Lupa Tutup Jendela, Alat Ini Akan Bantu Ingatkan Anda

Lupa Tutup Jendela Alat Ini Akan Bantu Ingatkan Anda Fraunhofer, Chip Surya Penutup Jendeal (Foto: Gizmag)

Covesia.com - Sebuah chip yang bertenaga surya telah dikembangkan oleh oleh Fraunhofer Institute di Jerman untuk Mikroelektronica Circuit dan System. Chip ini dilengkapi panel surya dan dapat menyimpan daya yang cukup pada siang hari untuk beroperasi sepanjang malam.

Chip kecil Fraunhofer ini dirancang untuk dipasang pada bingkai jendela. Menggunakan komponen khusus yang bernama accelerometer dan magnetometer yang terintegrasi, chip ini mampu mendeteksi ketika jendela telah dibuka.

Jika jendela telah dibiarkan terbuka terlalu lama melebihi waktu normal dan mendeteksi suhu telah turun secara signifikan, maka chip ini akan mengirimkan sinyal radio ke base station di rumah. Dengan begitu, pemiliki rumah akan mengetahuinya.

Selain itu, jika mendeteksi gerakan yang dilakukan seseorang untuk membuka paksa jendela yang terkunci, alat ini juga akan mengeluarkan sinyal base station yang dapat membunyikan alarm.

Dilansir situs resmi Fraunhofer, Jumat (16/1/15) chip ini akan dipamerkan pada acara BAU Trade di Munich dari 19-24 Januari mendatang.(osd/utr)

Berita Terkait

Baca Juga