Mencek Kadar Gula Darah Dengan Tato

Mencek Kadar Gula Darah Dengan Tato Ilustrasi mengukur gloukosa darah (dokumen Gizmag)

Covesia.com - Saat ini cara yang lazim untuk mencek kadar glokosa dalam darah adalah dengan menusukan jari hingga mengeluarkan setetes darah. Meskipun menggunakan alat yang steril, cara seperti ini bagi sebagian orang terkesan menakutkan. Karena itu, Amay Bandodkar mahasiswa pascasarjana dari University of California, San Diego menciptakan sebuah alat yang dapat memantau gula darah tanpa menimbulkan rasa sakit atau mengeluarkan darah. Apa itu?

Dilansir Covesia dari situs resmi University of California, Sabtu (17/1/15), alat tersebut menyerupai tato yang ditempelkan di kulit. Berbeda sering dikenal, tato ini terdiri dari elektroda dan sensor yang dapat mendeteksi gula darah.

Cara kerjanya, setelah tato ini ditempelkan ke kulit seseorang, maka tato ini akan bekerja dengan cara mengaliri listrik dengan kadar rendah ke kulit yang ditempeli tato tersebut. Hal ini menyebabkan ion natrium dalam cairan antara sel-sel kulit berpindah ke arah elektroda tato. Kemudian, sebuah sensor akan mengukur kekuatan muatan listrik yang dihasilkan oleh glukosa. Dengan begitu, akan muncul hasil kalkulai kadar glukosa dalam aliran darah pasien.

Tato ini sudah diujicobakan dalam laboratorium. Meskipun sudah bisa digunakan, tim peneliti tetap melanjutkan ujicoba untuk memperlama waktu penggunaan tato karena saat ini tato tersebut hanya bisa digunakan selama sehari saja.

(osd/zik)

Berita Terkait

Baca Juga