Wow! Alat Bantu Dengar Melalui Lidah Mulai Dikembangkan

Wow Alat Bantu Dengar Melalui Lidah Mulai Dikembangkan Ilustrasi alat bantu dengar melalui lidah (Foto: Gizmag)

Covesia.com - Untuk bisa mendengar kembali, banyak tuna rungu memilih alat bantu dengar implan koklea. Namun, pemasangan implan koklea membutuhkan biaya yang besar dan harus dilakukan melalui operasi.

Dilatarbelakangi hal tersebut, sekelompok peneliti di Colorado State University (CSU) yang dipimpin oleh Prof. John Williams mengembangkan cara alternatif melalui sebuah punggawa listrik yang mengirimkan kata-kata yang diucapkan kepada pengguna dengan berdengung lidah mereka.

Mereka menggunakan lidah sebagai media karena lidah berisi ribuan saraf dan wilayah otak yang menafsirkan sentuhan sensasi dari lidah mampu decoding informasi yang rumit.

Para ilmuwan membandingkan sistem untuk Braille, di mana orang buta mental mengkonversi benjolan dirasakan dengan ujung jari mereka ke dalam surat tertulis dan kata-kata.

Mekanismenya, alat menggunakan lubang suara mikrofon untuk mengambil suara yang kemudian diubah menjadi sinyal listrik. Ketika lidah ditekan, saraf-saraf di berbagai bagian lidah akan menerimanya sebagai sinyal yang akan dikirim ke alat khusus, Seperti yang dikutip Popular Science, Sabtu (17/1/15).

Saat ini, Williams dan timnya masih dalam proses memetakan saraf di lidah, untuk menentukan bagian organ mana yang akan paling menerima rangsangan. Meskipun pengembangan ini masih dalam tahap awal, hasilnya akhirnya diproyeksikan dapat bermanfaat bagi tuna rungu. (osd)

Berita Terkait

Baca Juga