Ini Dia 5 HP Alternatif Sekelas iPhone XS

Ini Dia 5 HP Alternatif Sekelas iPhone XS iPhone XS, XS Max

Covesia.com - Tak bisa dipungkiri bahwa spesifikasi dan fitur yang dihadirkan Apple dalam iPhone XS begitu memukau. Tak hanya teknologinya yang gahar, harga resmi rilisnya pun tak kalah besar. 

Kelebihan dan Kekurangan iPhone XS

Kelebihan:

  • iPhone pertama yang memungkinkan penggunanya untuk memiliki SIM ganda
  • Meski tidak ada peningkatan resolusi, Apple mengeklaim bahwa kualitas foto yang dihasilkan akan lebih tajam dan detail dengan teknologi smart HDR
  • Adanya fitur untuk mengatur tingkat bokeh pada foto

Kekurangan:

  • Hadir tanpa teknologi fingerprint
  • Tidak memiliki peningkatan resolusi pada kamera depannya
  • Selain itu tentu saja, harga iPhone XS masih terlalu melambung.

Nah, untuk kamu yang naksir iPhone XS, tenang saja! Masih ada kok handphone yang lebih ramah di kantong, dengan kualitas yang tak kalah powerful. 

Berikut daftar HP alternatif sekelas iPhone XS, dilansir covesia.com dari laman iprice:

OnePlus 6

Kelebihan:

OnePlus 6 masih menghadirkan sensor keamanan via fingerprint scanning atau sidik jari. Tak seperti iPhone XS yang mengusung konsep dual SIM dengan satu slot SIM card dan satu lagi adalah e-SIM, OnePlus 6 memiliki dua slot SIM fisik.

Untuk kameranya, HP satu ini memiliki kamera primer ganda dengan resolusi 23MP dan 26MP, ditambah lagi dengan kamera selfie dengan kualitas 16MP. Terlepas dari semua kelebihan tadi, tentu dari segi harga OnePlus 6 lebih murah dibandingkan dengan harga iPhone XS.

Kekurangan:

Sayang sekali layar handphone ini masih berkutat pada kualitas Full HD, padahal jika melihat HP sebayanya, umumnya kualitas layar sudah ada pada level Quad HD. Selain itu, HP OnePlus 6 juga tidak memiliki slot untuk memori internal. Sebagai keluaran terbaru, OnePlus 6 juga belum tersertifikasi tahan air.

Huawei Mate 20 Lite

Kelebihan:

Tampilan luarnya begitu mewah dengan pilihan varian warna dengan aksen glossy. Keunggulan utama dari handphone Huawei Mate 20 Lite ini ada pada kombinasi kamera dan teknologi kecerdasan buatannya atau AI (artificial intelligence).

Mulai dari kamera depannya dengan kamera ganda (resolusi 24 megapiksel dan 2 megapiksel), Huawei Mate 20 Lite mampu mengidentifikasi keadaan sekitar, sehingga pengaturan terhadap foto yang akan diambil langsung menyesuaikan untuk menghasilkan kombinasi warna dan detail tinggi.

Tak cukup di situ saja, kamera selfie HP ini bahkan memiliki mode HDR yang biasanya hanya dimiliki oleh kamera belakang.

Sedangkan untuk kamera primernya, Huawei Mate 20 Lite dilengkapi dengan kamera ganda beresolusi 20 megapiksel dan 2 megapiksel. Dengan adanya AI yang mendukung performa kamera tersebut, HP dapat secara langsung mengidentifikasi skena foto yang akan diambil, hingga kemampuan pendukung untuk Google Lens-style image recognition.

Kekurangan:

Selain tidak dilengkapi dengan fitur fast charging seperti HP sebayanya, handphonesatu ini juga belum bisa menghasilkan video dengan kualitas 4K. Lalu walaupun masih menyediakan audio jack, sayang sekali USB yang ada pada handphone ini bukan USB tipe C, melainkan microUSB v2.0. Mi A2 Lite juga belum disertai dengan teknologi NFC.

Google Pixel 2XL

Kelebihan:

Memiliki desain tipis dan mudah digenggam. Selain telah mengantongi sertifikasi tahan air dan debu, handphone ini juga memiliki kamera powerful dan baterai yang tahan lama. Tak cukup sampai di situ, Google Pixel 2XL juga menghadirkan fitur dan teknologi eksklusif, mulai dari Google Lens, hingga Active Edge.

Kekurangan:

Sayang sekali HP Google Pixel 2 XL ini tidak dilengkapi dengan jack audio 3,5mm.

Samsung Galaxy S9 Plus

Kelebihan:

Tak jauh beda dengan handphone lainnya, Samsung Galaxy S9 Plus juga memiliki keunggulan tersendiri pada kameranya. Bukan pada jumlah lensanya, tetapi pilihan aperture yang tidak hanya satu, yaitu dua.

Sehingga tidak hanya mampu mengidentifikasi secara otomatis, pengguna juga dapat memiliki diaantara dua bukaan tadi. Selain hadir dengan AR Emoji, Samsung S9 Plus juga menyediakan fitur super slow motion untuk melengkapi kemampuan kameranya dalam videografi.

Kekurangan:

Desain yang itu-itu saja membuat handphone ini tidak terlalu cantik jika dibandingkan dengan HP sebanyanya yang mulai melakukan revolusi desain.

Huawei P20 Pro

Kelebihan:

Kekuatan utama HP P20 Pro ini terletak pada kameranya yang tidak lain menggandeng brandkamera ternama, yaitu Leica. Tidak seperti handphone sebayanya yang memiliki kamera ganda, P20 Pro memiliki 3 lensa untuk kamera belakangnya.

Tak hanya performa yang stabil dengan dukungan sertifikasi tahan air, P20 Pro juga memiliki desain yang unik, yaitu gradasi warna ungu dan biru layaknya aurora.

Kekurangan:

Terlepas dari kelebihan-kelebihan tadi, sayang sekali handphone ini tidak memiliki earphone jack dan belum mendukung wireless charging. Selain itu, P20 Pro juga tidak memiliki slot microSD

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga