Google Doodle Hari ini Rayakan Hari Guru 2018

Google Doodle Hari ini Rayakan Hari Guru 2018 ilustrasi

Covesia.com - Google merayakan peringatan Hari Guru 2018 yang jatuh pada hari ini, Minggu (25/11/2018) melalui ilustrasi bola dunia memakai kaca mata. Di sekitar globe tersebut terdapat bola-bola lainnya dengan gambar notasi nada, cawan reaksi kimia, kalkulator, planet-planet, dan semacamnya.

Bola dunia berkacamata mewakili Hari Guru 2018 yang dirayakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Sedangkan bola-bola kecil lainnya mewakili subjek ilmu pengetahuan masing-masing.

Hari Guru adalah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru. Hari tersebut diperingati pada tanggal yang berbeda-beda bergantung pada negaranya. 

Di Indonesia sendiri Hari Guru dirayakan tiap tanggal 25 November. Tanggal ini diambil bertepatan dengan dibentuknya organisasi profesi guru Indonesia, yakni Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang dibentuk pada 25 November 1945. Organisasi ini lahir dari embrio Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang didirikan pada 1912.

Negara lain, Argentina misalnya, merayakan Hari Guru pada 11 September bertepatan dengan hari wafatnya Domingo Faustino Sarmiento, seorang pendidik Argentina. Di India, Hari Guru dirayakan pada setiap tanggal 5 September karena bertepatan dengan hari lahir Sarvapalli Radhakrishnan, presiden India ke-2 yang juga seorang guru.

Sedangkan di Rusia, Hari Guru dirayakan setiap tanggal 5 Oktober bertepatan dengan Hari Guru Sedunia.

Hari Guru Sedunia jatuh pada 5 Oktober tiap tahunnya dan dirayakan sejak 1994. Menurut laman Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO), Hari Guru mewakili sebuah kepedulian, pemahaman, dan apresiasi yang ditampilkan demi peran vital seorang guru: mengajarkan ilmu pengetahuan dan membangun generasi.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga