Liga Profesional Mobile Legends Kembali Digelar, Total Hadiah Rp1,7 Miliar

Liga Profesional Mobile Legends Kembali Digelar Total Hadiah Rp17 Miliar Ilustrasi

Covesia.com - MET. Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia (MPL -Indonesia) musim ketiga kembali digelar dengan memperebutkan hadiah total 120.000 dolar AS atau sekitar Rp1,7 miliar.

"Mobile Legends adalah game pioner industri e-sport di Indonesia. Dengan pengguna aktif bulanan sebanyak 30 juta, kami yakin MPL Season 3 ini bisa memberi  dampak yang besar kepada industri," ujar eSport Manager Moonton Indonesia, Lius Andre, dalam temu media di Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Tahap kualifikasi online telah berlangsung pada 9 hingga 13 Januari lalu. Tahap selanjutnya adalah final dari kualifikasi yang akan diadakan pada 24 sampai dengan 27 Januari 2019. Regular season sendiri akan dimulai pada 16 Februari hingga 31 Maret 2019.

"Buka pendaftaran kurang dari seminggu, tim yang mendaftar hampir seribu untuk Indonesia," ujar Head of Marketing MET. Indonesia, Reza Ramadhan, organisasi penyelenggara MPL Season 3, dalam kesempatan yang sama.

Babak utama MPL Season 3 akan diikuti oleh 12 tim terbaik di Indonesia. Enam tim terbaik di MPL Season 2 lalu berhak mendapatkan undangan langsung ke turnamen utama. Sementara enam sisanya harus diperebutkan di fase kualifikasi.

Beberapa tim terbaik, termasuk EVOS, RRQ dan Louvre, akan berkompetisi menjadi yang terbaik tahun ini.

Untuk kualifikasi, MPL Season 3 terbagi menjadi dua fase. Fase pertama adalah kualifikasi online, di mana maksimal 512 tim dari seluruh Indonesia akan bertanding dengan konsep bracket single elimination best of one hingga babak 32 besar.

Dalam babak 32 besar, format pertandingan akan berubah menjadi best of three, namun tetap dengan single elimination bracket.

Delapan tim terbaik dari kualifikasi online akan maju ke fase final kualifikasi. Pada fase ini, delapan tim dari kualifikasi online akan berhadapan dengan tim peringkat tujuh dan delapan dari MPL Season 2 dan 10 tim tersebut akan dibagi menjadi dua grup untuk bertanding dalam format round robin best of three.

Kemenangan 2-0 akan memberikan tiga poin, kemenangan 2-1 memberikan dua poin, sementara kekalahan dengan skor 1-2 akan memberikan satu poin. Tiga tim terbaik dari masing-masing grup akan maju ke regular season babak utama.

MET. juga mengatakan bahwa MPL Season 3 ini akan berbeda dari musim sebelumnya dengan didukung studio profesional serta teknologi level broadcasting yang canggih.

Sayangnya, pihak penyelenggara belum bersedia mengungkap waktu dan lokasi penyelenggaraan grand final.

"Kalau kapannya belum bisa disebutkan, tapi kalau di mananya kemungkinkanan besar di Jakarta," ujar Lius.

(ant/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga