Jetson Nano, Otak Robot Besutan NVIDIA Dibandrol Rp 1,4 Juta

Jetson Nano Otak Robot Besutan NVIDIA Dibandrol Rp 14 Juta Nvidia Jetson Nano

Covesia.com - Produsen kartu grafis Nvidia mengarap dengan cepat era Internet of Things (IoT), dengan merilis Jetson Nano, sebuah komputer mini yang memungkinkan pengembang dengan mudah mengimplementasikan kemampuan robot pada perangkat pintar.

Dengan komputer mini ini, siapa pun, termasuk pengembang perorangan bisa membuat perangkat pintar berkemampuan robot dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligent). Komputer AI yang memungkinkan untuk menciptakan jutaan sistem cerdas.

Kecil, tapi komputer AI CUDA-X ini menghasilkan kinerja komputasi hingga 472 GFLOPS (sejuta operasi atau proses per detik), sudah mumpuni untuk menjalankan beban kerja AI modern dan sangat hemat daya, hanya menyerap 5 watt saja.

Diluncurkan oleh CEO Nvidia di Konferensi Teknologi GPU beberapa waktu lalu, Jetson Nano hadir dalam dua versi, yakni devkit seharga 99 dolar atau Rp1,4 juta untuk pengembang atau perorangan, dan modul seharga 129 dolar setara Rp1,8 juta bagi perusahaan yang ingin mengembangkan perangkat pintar untuk pasar massal.

"Jetson Nano membuat AI lebih mudah diakses oleh semua orang, dan didukung oleh arsitektur dan perangkat lunak yang mendasari yang sama yang memperkuat superkomputer bangsa kita," kata Deepu Talla, wakil presiden dan manajer umum mesin otonom di NVidia dalam pernyataannya untuk pers, dikutip Kamis.

Jetson Nano mendukung sensor resolusi tinggi, dapat memproses banyak sensor secara paralel dan dapat menjalankan beberapa jaringan saraf modern pada setiap aliran sensor, juga mendukung banyak kerangka kerja AI yang populer, sehingga memudahkan pengembang untuk mengintegrasikan model dan kerangka kerja pilihan mereka ke dalam produk.

Jetson Nano bergabung dengan jajaran lini keluarga JetsonTM, yang juga mencakup Jetson AGX XavierTM yang kuat untuk mesin yang sepenuhnya otonom dan Jetson TX2 untuk AI di ujungnya. Ideal untuk perusahaan, startup, dan peneliti, platform Jetson sekarang memperluas jangkauannya dengan Jetson Nano.

Dengan komputer mini ini, tidak hanya perusahaan besar, pengembang perorangan, peneliti, bahkan siswa di sekolah maupun perguruan tinggi bisa mengembangkan perangkat pintar dengan lebih mudah.

Mereka menjadi sangat terbantu dalam mengembangkan atau menciptakan perangkat-perangkat pintar seperti drone, bidang seluler, asisten digital, peralatan otomatis, dan banyak lainnya.

Komputer mini Jetson Nano bisa dibeli melalui distributor global NVidia dan jaringan Seeed Studio maupun SparkFun. Perangkat ini akan mulai dikirimkan ke pemesannya pada Juni mendatang.

(Olg)

Berita Terkait

Baca Juga