Jack Ma Resmi Pensiun dari Alibaba

Jack Ma Resmi Pensiun dari Alibaba Jack Ma

Covesia.com - Hari ini 10 September 2019 akan selalu dikenang dalam sejarah raksasa e-commerce Alibaba. Sang pendiri dan sosok yang membawanya ke kejayaan, Jack Ma, resmi pensiun dari posisi Chairman. Ia digantikan oleh Daniel Zhang.

Kebetulan hari ini juga merupakan tanggal ulang tahun ke 55 Jack Ma. Momen pensiun dan ultah itu dirayakan oleh Ma, antara lain dengan mengunjungi apartemennya di Hangzhou, tempat ia dulu merintis Alibaba bersama pendiri lainnya.

Jack Ma mengaku emosional mengingat kembali masa-masa itu. "Saya harap dalam 60 tahun, 80 tahun, orang-orang masih mengingat apartemen ini. Kita tidak boleh kehilangan impian dari apartemen ini," katanya dalam video yang dipajang Alibaba.

Usai pensiun, Ma dipastikan akan berkecimpung di jagat filantrofi. Ia telah mendirikan Jack Ma Foundation sejak tahun 2014. Sektor yang menarik perhatiannya adalah bidang pendidikan, lantaran Ma dulu adalah seorang guru.

"Jack Ma memberi sinyal ketertarikannya di filantrofi, lingkungan, pemberdayaan wanita, pendidikan dan pengembangan," sebut Duncan Clark, pengarang buku Alibaba: The House That Jack Ma Built.

"Sebelum berusia 70 tahun, saya bisa melakukan sesuatu di bidang lain, di area seperti edukasi," kata Ma beberapa waktu silam. Tanggal pensiun 10 September sendiri bertepatan dengan Hari Guru di China.

Meski sudah tak jadi Chairman, Ma akan tetap menjadi penasihat Alibaba. Dia juga anggota seumur hidup Alibaba Partnership, kelompok 36 orang yang bisa menominasikan mayoritas dewan direksi Alibaba.

(lif/dtc)

Berita Terkait

Baca Juga