Google Doodle Hari ini: Selamat Ulang Tahun Chrisye

Google Doodle Hari ini Selamat Ulang Tahun Chrisye Google doodle

Covesia.com - Google Doodle hari ini memperingati ulang tahun ke 70 tahun mendiang Chrisye. Sosok yang lahir di Jakarta, 16 September 1949 dengan nama Chrismansyah Rahardi ini semasa hidupnya merupakan penyanyi dan musisi terbaik Indonesia sepanjang masa.

Chrisye mulai bermusik sejak akhir era 60`an. Ia bergabung dalam band Sabda Nada pada 1968. Namun, riwayat Sabda Nada tak berumur panjang. Grup musik ini kemudian bermetamorfosis menjadi Gipsy pada 1969.

Setelah bongkar pasang personel, band ini terbang ke New York, Amerika Serikat, dan menjadi homeband di Ramayana Restaurant selama kurang lebih satu tahun (1971-1972).

Saat pulang ke Tanah Air, Chrisye bersama Gipsy berkolaborasi dengan Guruh Soekarnoputra, membuat sebuah album rekaman.

Kolaborasi ini menghasilkan album rock yang diberi judul Guruh Gipsy. Album ini memadukan unsur-unsur tradisional gamelan Bali dan instrumen konvensional.

Sejak itulah nama Chrisye mulai diperhitungkan dalam kancah musik di Tanah Air. Warna vokal yang khas, serta makna mendalam dalam tiap lagu, membuat pelantun 'Lilin-Lilin Kecil' itu menjadi idola kaum tua dan muda. Berbagai penghargaan nasional dan internasional pun diraihnya.

Lagu-lagu yang dinyanyikan Chrisye memang banyak. Maklum, dia telah menghasilkan sekitar 40 album, baik solo maupun kerja bareng dengan sejumlah musisi dan penata musik, antara lain Jockie Soerjoprajogo, Addie M.S., dan Erwin Gutawa.

Tak mengherankan bila Chrisye disebut penyanyi legendaris dari zaman ke zaman. Tak banyak aksi panggungnya, tapi Chrisye kerap mendapat tempat tersendiri di hati penggemarnya. Lagu-lagunya tak sekadar mengumbar romantisme, namun ada kedalaman makna.

Sosok ayah empat anak ini divonis mengidap kanker paru-paru pada 2005. Setelah berjuang melawan sakit yang diidapnya, Chrisye menghembuskan napas terakhir pada 30 Maret 2007.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga