Startup ini Ngaku Bangkrut Akibat Pandemi Corona

Startup ini Ngaku Bangkrut Akibat Pandemi Corona OneWeb

Covesia.com - Startup terkenal asal Inggris yang bergerak di bidang satelit telekomunikasi, OneWeb, menyatakan diri bangkrut. Mereka menyalahkan pandemi virus corona sebagai penyebabnya.

OneWeb mengaku tak bisa mendapatkan investasi tambahan karena krisis virus corona. Mereka telah melakukan PHK pada sebagian besar karyawan dan mencari pihak yang mau membeli perusahaan.

Sejauh ini, OneWeb telah meluncurkan 74 satelit dari rencana 648 unit. Konstelasi satelit itu ditujukan untuk menyediakan koneksi internet ke Bumi dan dijadikan bisnis.

Mereka telah mendapatkan pendanaan 2,6 miliar poundsterling, tapi belum cukup untuk menyelesaikan seluruh proyek. "Proses pendanaan mandeg karena dampak finansial dam turbulensi pasar terkait penyebaran Covid-19," klaim OneWeb.

"Hari ini adalah hari yang sulit bagi kami di OneWeb. Banyak orang telah mendedikasikan energi, usaha dan passion bagi perusahaan ini dan misi kami," ujar CEO OneWeb, Adrian Steckel.

Dikutip detikINET dari BBC, OneWeb telah mendapat kucuran dana dari nama besar termasuk Softbank, Airbus, Coca Cola dan Virgin Group. Softbank terutama memberi dana tak sedikit, tapi kali ini mereka terindikasi enggan menyelamatkan OneWeb.

Bisnis konstelasi satelit memang amat mahal dan tak sedikit perusahaan di bidang ini telah tumbang. Nama besar yang masih bertahan adalah SpaceX yang telah meluncurkan puluhan satelit internet ke antariksa.

Sumber: Detikcom

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga