Makan Tak Enak Kalau Tidak Ada Gulai Cubadak

Makan Tak Enak Kalau Tidak Ada Gulai Cubadak Buah Cubadak (Nangka) (Defri Candra/covesia.com)

Padang - Siapa yang tidak kenal dengan buah nangka atau yang bagi masyarakat minang disebut sebagai cubadak? Bila anda mengunjungi rumah makan Padang dan menyempatkan diri melongok pajangan sambal, hampir dipastikan akan selalu ada gulai cubadak di sana. Hmm.

Selain sebagai sayur untuk teman makan nasi, gulai cubadak juga enak disantap bersama lontong di pagi hari. Namun tak jarang, gulai cubadak juga menjadi sayur mendampingi aneka makanan lainnya seperti rendang, telur balado, kerupuk singkong balado, gulai kalio daging sapi, dan sebagainya.

Bagaimana membuat gulai cubadak. Mudah kok! gulai cubadak atau nangka dikupas dan dibersihkan, lalu dipotong sesuai selera masing-masing. Siapkan 750 gram nangka muda untuk delapan porsi. Bahan lain, santan 250 ml dari setengah butir kelapa, satu buah pekak, dua butir kapulaga, dua lembar daun salam, dua buah asam kandis, 25 gram kelapa parut disangrai dan dihaluskan. Garam satu 3/4 sendok teh, tiga sendok makan minyak untuk menumis.

Sediakan bumbu yang terdiri dari 10 cabe merah keriting, tiga buah cabai merah besar, enam butir bawang merah, tiga siung bawang putih, empat butir kemiri disangrai, 1/2 sendok teh merica, 2 cm lengkuas, dan 2 sm jahe.

Bagaimana mengolahnya ? Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, pekak, kapulaga dan daun salam sampai harum. Tambahkan nangka, aduk rata. Kemudian masukan santan, garam, dan asam kandis. Masak sampai mendidik. Tambahkan kelapa sangrai, masak hingga matang.

Salah seorang pedang di jalan Dr. Sutomo Marapalam, Nurbaini (50) mengatakan kepada covesia.com, (15/11/2014), ada tiga macam gulai yang ia buat untuk menemani makan lontong. Gulai cubadak, gulai paku (gulai pakis) dan gulai tauco buncis tempe.

Dari tiga macam gulai itu, katanya, gulai cubadak laris manis. Bahkan belum sampai tiga jam berjualan, gulai cubadak sudah habis.

"Yoo lamak (memang enak) gulai cubadak ini, rasa dan bumbu yang disajikan oleh Nurbaini sangat pas, sehingga saya selalu setiap pagi menikmati gulai cubadak buatan Ibu Nurbaini," kata Laras, salah seorang langganan Nurbaini.

Dalam tradisi acara adat, seperti pernikahan, gulai cubadak tak ketinggalan disajikan oleh yang empunya pesta. Begitu juga dengan acara lainnya. Rasanya tidak akan enak makan tamu tanpa ada gulai cubadak. (def/gyi)

Berita Terkait

Baca Juga