Tips Bikin Kue Putu Bambu Tanpa Cetakan

Tips Bikin Kue Putu Bambu Tanpa Cetakan Putu bambu

Covesia.com - Kue putu bambu merupakan salah satu jenis kue tradisional yang mudah dibuat dan punya rasa gurih. Meski tekturnya agak ringkih, kue ini tetap jadi dambaan untuk teman ngobrol di sore hari dengan secangkir teh.

Sepertinya, penjual putu bambu semakin jarang terlihat. Jangankan yang lewat depan rumah, di jalan atau tempat makan kaki lima pun sudah langka.

Jangan khawatir, anda bisa bikin sendiri kok di rumah. Berikut covesia bagi tips bikin kue putu bambu dari resepkoki.id:

Pastikan tekstur adonan tepung berasnya lembab berpasir

Bahan utama putu bambu adalah tepung beras. Nantinya, tepung beras akan dikukus hingga lembab dan dicampurkan dengan air hangat. Selain air, anda bisa ganti dengan susu cair hangat agar lebih bercitarasa.

Tuang air hangat sambil diaduk hingga bergerindil, lalu saring adonan tepung yang bergerindil ini hingga jadi butiran halus. Nah, tekstur yang tepat untuk adonan yang sudah disaring adalah lembab berpasir.

Jika terlalu lembek, kue putu akan mudah runtuh dan cepat hancur saat dikeluarkan dari cetakan. Supaya konsistensinya pas, tuang bahan cair secara bertahap selama proses pengadukkan adonan.

Pakai cetakan agar atau puding yang tebal

Kalau diperhatikan, bentuk cetakan bambu milik penjaja kue putu punya diameter yang tebal. Alasannya supaya begitu dicetak, adonan putu bambu ini bisa kokoh dan memadat sempurna. Tentunya terlihat cantik ketika disajikan, ya?

Namun, jika tak ada cetakan seperti milik abang putu bambu, anda tetap bisa pakai cetakan agar, puding, atau loyang kue yang tebal untuk menggantikannya. Supaya hasilnya lebih padat dan kuenya mudah dikeluarkan, pakai cetakan alumunium atau silikon ya.

Jangan tekan-tekan adonan saat memasukannya dalam cetakan

Setelah adonan tepung berasnya siap, masukkan adonan tepung beras ¼ tinggi cetakan lalu taburkan gula merah yang sudah dihaluskan secukupnya. Tutup lagi gula merah halus dengan adonan tepung beras hingga memenuhi cetakan.

Nah, adonan tepung beras dan gula merah halus ini tak perlu ditekan-tekan hingga benar-benar memadati cetakan ya. Jika ditekan, adonan ini akan sangat menempel pada permukaan cetakan dan teksturnya lebih keras.

Pastikan panci kukusnya panas dan kukus dengan waktu cukup

Kunci supaya kue putu tidak bantat adalah panci kukus yang panas dan waktu pengukusan yang cukup. Sebelum adonannya masuk, didihkan air panci kukus hingga keluar banyak uap ketika dibuka tutupnya. Agar semakin beraroma, air mendidih bisa ditambahkan daun pandan. Selanjutnya, masukkan cetakan berisi adonan lalu kukus hingga matang. Kue putu yang dibuat dengan cetakan kecil kurang lebih 15-25 menit dengan api sedang cenderung kecil.

Putu bambu ini nikmat disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula pasir, lho. Selamat mencoba!

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga