Ingin Berburu Makanan Halal di Korea? Ini Caranya

Ingin Berburu Makanan Halal di Korea Ini Caranya Ilustrasi makanan Korea (Foto Antara)

Covesia.com - Anda ingin pergi ke Korea, namun khawatir dengan memilih makanan karena meragukan kehalalnnya?. Jangan khawatir.

Kini, wisatawan Muslim bisa dengan mudah menemukan makanan halal di Korea Selatan dengan bantuan buku "Muslim-Friendly Restaurant in Korea" keluaran Korea Tourism Organization. Korea Tourism Organization sendiri adalah organisasi yang berada di bawah Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Korea Selatan yang bertujuan memajukan industri pariwisata negara tersebut.

Buku tersebut memuat 118 restoran yang menjual makanan yang ramah bagi wisatawan Muslim, seperti yang tertulis dalam siaran pers yang diterima Antara News.

Restoran-restoran tersebut dibagi ke dalam 5 kategori, yaitu 4 restoran bersertifikat halal, 37 restoran self-certified, 24 restoran ramah Muslim, 49 restoran Muslim-welcome, dan 4 restoran bebas babi.

Restoran yang memiliki sertifikat halal adalah restoran yang memenuhi kriteria halal yang ditentukan oleh Korea Muslim Federation (KMF), yang sudah berdiri sejak tahun 1967.

Self-certified adalah restoran yang menggunakan bahan-bahan halal tetapi tidak memiliki sertifikat halal resmi. Sementara, Ramah Muslim adalah restoran yang dikelola oleh Muslim, tetapi masih menjual alkohol. Sedangkan, Muslim-welcome adalah restoran yang menyajikan menu vegetarian dan menu bebas daging babi.

Restoran yang masuk dalam kategori bebas babi adalah restoran yang tidak menyajikan daging babi tetapi memiliki daging tidak halal lain.

"Muslim-Friendly Restoran in Korea" juga mengelompokkan 36 menu makanan Korea yang terkenal ke dalam 4 kategori, yaitu sayuran saja, makanan berbahan seafood, makanan berbahan sayur dan seafood, dan makanan berbahan daging bukan babi.

Pengelompokan makanan ini bertujuan agar wisatawan Muslim tetap dapat menikmati makanan Korea. Korea Tourism Organization mencatat Korea Selatan dikunjungi oleh 624.000 wisatawan Muslim pada 2013.

(ant/zik)

Berita Terkait

Baca Juga