Idiyappam, Makanan Khas Pariaman yang Sudah Mulai Terlupakan

Idiyappam Makanan Khas Pariaman yang Sudah Mulai Terlupakan Idiyappam Makanan Khas Pariaman (Foto:Covesia/ Rozi)

Covesia.com - Kota Pariaman tidak hanya terkenal dengan wisatanya saja, namun kulinernya juga nomor satu, apalagi kalau kuliner tersebut merupakan khas dari leluhur. Salah satunya yaitu putu mayang (idiyappam) yang menyerupai mie disusun rapi berwarna putih dan berkuah.

"Idiyappam, sebutan khas bagi masyarakat Pariaman, merupakan makanan khas orang india (Keling) di Pariaman ini yang tinggal di Kelurahan Lohong (kampuang kaliang). Dahulunya kita hanya bisa makanan tersebut ketika ada acara tunangan (tuka cincin)," kata pedagang Idiyappam, Meri (35) di Pariaman, Sabtu (1/9/2018).

Ia mengatakan, sejarah dan resep idiyappam ini diketahuinya lewat neneknya yang merupakan keturunan India. Hingga saat ini pihaknya masih aktif membuat dan menjual idiyappam setiap harinya.

"Idiyappam ini akan selalu dijual dengan bentuk dan rasa asli karna tidak mau menghilangkan ciri khas dari idiyappam itu sendiri," jelasnya.

Idiyappam yang terkenal dengan kelezatannya ini terbuat dari tepung beras dengan bahan kuahnya gula merah dan kapulaga india. Sampai saat ini penganan tradisional ini selalu dinanti para pencintanya dari semua umur.

Meskipun saat ini hanya satu yang menjual Idiyappam di Kota Pariaman, namun untuk penjualan memang sedikit merosot sebelum lebaran kemarin. Biasanya bisa membuat 15 liter per hari, namun setelah lebaran ini hanya membuat 5 liter per harinya.

"Sudah berupaya untuk memperkenalkan dagangan lewat media sosial, namun tentu hanya untuk wilayah Kota Pariaman saja, karena ini tidak bisa tahan lama apabila harus mengirimnya," ujarnya.

Ia menambahkan, merosotnya pembeli sempat menjadi putus asa untuk berdagang Idiyappam, namun masih selalu ingat pesan nenek dan orang tua india lainnya untuk tetap bertahan dan jangan sampai meninggalkan usaha ini.

Ia berharap Pemerintah Kota Pariaman mampu mendorong perekonomiannya lewat pesanan-pesanan idiyappam apabila ada acara di pemerintahan. Disamping melestarikan kuliner, pemerintah juga bisa mengenalkan kepada pendatang atau tamu tentang kuliner khas Kota Pariaman ini.

(ozi/don)

Berita Terkait

Baca Juga