5 Tips Bikin Chicken Katsu Garing dan Empuk

5 Tips Bikin Chicken Katsu Garing dan Empuk Resep Chicken katsu (foto: Resepkoki.id)

Covesia.com - Chicken katsu atau ayam katsu merupakan ayam goreng khas Jepang yang krispi karena balutan tepung roti. Di restoran Jepang, chicken katsu biasa disajikan dengan salad atau saus curry khas Jepang, lho.

Pasti anda juga suka makan chicken katsu di restoran Jepang, kan? Gimana ya cara bikin chicken katsu renyah tetapi masih lembab dan daging empuk ala resto Jepang? Berikut cara bikinnya disadur covesia.com dari laman resepkoki.id:

1. Gunakan fillet dada ayam

Dada ayam merupakan bagian terbaik untuk fillet. Dagingnya lebih rendah lemak dan padat, sehingga mudah untuk membaginya menjadi fillet ayam yang lebar dan tebal.

Supaya fillet ayam pipih dan empuk, pukul-pukul dengan pemukul daging. Taburi dengan garam dan lada secukupnya, diamkan 30 menit hingga meresap.

2. Lapisi fillet ayam dengan adonan telur, campuran tepung, dan tepung roti halus

Ciri khas dari katsu adalah lapisan luar daging yang renyah dan gurih. Ada tiga adonan yang diperlukan untuk membuat lapisannya.

Pertama, gunakan campuran telur, susu, dan garam yang dikocok jadi satu. Adonan ini berfungsi sebagai perekat antara tepung dan daging. Kedua, siapkan campuran tepung terigu, merica bubuk, kaldu ayam bubuk, dan sedikit garam, campur rata. Ketiga, siapkan tepung roti yang akan digunakan sebagai lapisan terakhir chicken katsu.

Untuk membuatnya, ambil sepotong fillet ayam, celup ke adonan telur. Angkat.

Masukkan fillet ayam ke dalam campuran tepung terigu. Celupkan lagi ke dalam adonan telur kocok. Gulingkan ayam ke campuran tepung roti sambil ditekan agar menempel.

3. Simpan adonan chicken katsu 20 menit di kulkas sebelum dimasak

Setelah ayam dilapisi tepung roti kasar, simpan dulu di kulkas selama 20 menit, supaya tepung roti melekat sempurna dan tidak lepas ketika digoreng.

Setelah 20 menit di dalam kulkas. Goreng ayam dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan dengan api sedang. Setelah matang dan ditiriskan, potong-potong ayam sesuai selera.

4. Lengkapi dengan salad dari kol dan wortel

Sebagai kondimen pelengkap untuk menambah nutrisi, rasa, dan tekstur pada chicken katsu, lengkapi juga dengan salad sayuran. Gunakan wortel dan kol yang dipotong julienne sebagai pelengkap.

5. Sajikan dengan saus sesuai selera anda

Ada berbagai saus yang bisa disajikan bersama chicken katsu. Saus yang umum digunakan adalah saus teriyaki, tapi bisa juga disajikan dengan saus curry jepang. Kalau mau lebih simpel lagi, cukup gunakan saus tomat, saus sambal, dan mayonaise.

Ternyata mudah kan membuat chicken katsu? Bikin sendiri di rumah, dan bisa dikreasikan sesuai selera anda. Selamat mencoba!

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga