Musim Liburan Telah Tiba! Lakukan ini Agar Traveling Anda Menyenangkan dan Tak Bikin Kantong Jebol

Musim Liburan Telah Tiba Lakukan ini Agar Traveling Anda Menyenangkan dan Tak Bikin Kantong Jebol ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Beberapa hari lagi kita akan memasuki pergantian tahun dan merupakan momen yang tidak boleh dilewatkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, sahabat atau orang tercinta.

Pada momen tersebut, tidak ada salahnya juga untuk segera membuat rencana liburan akhir tahun dari jauh-jauh hari agar anda bisa menikmati liburan dengan nyaman dan maksimal.

Kira-kira apa sih yang harus dipersiapkan untuk membuat rencana liburan akhir tahun menjadi menyenangkan dan sekaligus hemat?

Dirangkum covesia.com dari berbagai sumber, berikut beberapa tips agar rencana liburan akhir tahun anda bisa menyenangkan dan dan tak bikin kantong jebol:

Memilih tempat wisata

Sebelum liburan, yang direncanakan pertama kali itu adalah memilih tempat wisata. Dan tentunya hal ini tergantung selera dan keinginan anda. Banyak sekali tempat wisata di Indonesia yang bisa dipilih, mulai dari tempat wisata alam, museum bersejarah atau juga surga belanja bagi yang gemar shopping.

Selain itu, jangan lupa mempersiapkan hal-hal yang perlu dibawa seperti kamera, payung, jaket, dan keperluan lainnya sesuai dengan kondisi dan suasana tempat wisata tersebut.

Siapkan budget

Ini dia hal yang paling penting yang harus diperhatikan, menyiapkan budget. Karena menyiapkan budget merupakan peranan yang sangat penting dalam kelancaran liburan anda.

Liburan memang perlu uang, dan anda harus bisa menyusun dan membagi pengeluaran saat liburan dengan teliti. Mulai dari tiket transportasi, penginapan, tiket masuk tempat wisata, biaya makan sampai oleh-oleh.

Menyusun agenda perjalanan

Tempat wisata sudah ditentukan, anggaran pun sudah ada, sekarang saatnya menyusun agenda perjalanan. Jangan sampai anda bingung harus melakukan apa jika sudah sampai di tempat wisata tujuan.

Buatlah jadwal lama kunjungan anda di tempat-tempat wisata tersebut, jangan lupa mencatat acara atau festival di sana sebelum pergi. Dengan rencana yang sudah tersusun dengan rapi, anda hanya perlu mengikuti jadwal tersebut, dijamin liburan anda akan nyaman dan lancar sesuai dengan jadwal yang ada.

Cari tiket murah

Agar pengeluaran anda bisa hemat, jangan lupa terus memantau dan mencari penawaran tiket murah. Anda bisa melakukannya secara online ataupun offline, contohnya dengan mengunjungi acara-acara pameran travel. Di acara-acara seperti ini banyak agen wisata yang berlomba-lomba menyediakan paket perjalananan dengan berbagai harga.

Mencari tiket secara online di berbagai OTA (Online Travel Agent) juga dianjurkan, karena biasanya banyak penawaran-penawaran menarik ada di situs-situs tersebut saat menjelang bulan-bulan liburan.

Mencari penginapan murah

Mencari penginapan murah namun berkualitas sangat penting untuk menjamin kenyamanan liburan anda. Penginapan murah bisa saja anda dapatkan dalam bentuk paket liburan yang anda pilih.

Selamat menikmati libur panjang anda!

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga