Intensitas Gempa Meningkat, Omzet Pedagang Pulau Angso Duo Menurun

Intensitas Gempa Meningkat Omzet Pedagang Pulau Angso Duo Menurun Pulau Angso Duo di Kota Pariaman (Foto: Covesia/ Almurfi Syofyan)

Covesia.com - Meningkatnya intensitas Gempa yang berada di wilayah Sumatera Barat di penghujung tahun 2018 mulai berdampak kepada wisata pulau di Kota Pariaman. Sejumlah pedagang di pulau Angso Duo mengeluhkan penurunan omzet dagangan.

"Kalau dibanding libur akhir tahun 2017 yang lalu, jumlah omzet dagangan akhir tahun 2018 ini jauh berkurang," ujar salah seorang pedagang di Pulau Angso Duo, Marniwati (51) saat ditemui Covesia.com, Senin (31/12/2018).

Kata dia, libur akhir tahun sejumlah pedagang bisa meraup omzet dagangan Rp1 juta hingga Rp1,5 juta setiap harinya. Namun libur akhir tahun 2018 ini omzetnya jauh berkurang. Rata-rata pedagang yang berjualan di pulau Angso Duo hanya mampu meraup omzet sekitar Rp700 ribu.

"Libur akhir tahun ini, banyak pedagang yang tak jual beli, karena pengunjung ke pulau sepi. Menurunnya kunjungan karena seringnya gempa akhir-akhir ini," ujarnya.

Menurutnya, turunnya omzet pedagang di pulau Angso Duo sudah dirasakan sejak dua minggu terakhir. Namun, saat itu belum terlalu signifikan. Pasca erupsi Gunung Anak Krakatau dan Tsunami yang melanda selat Sunda, Sabtu (22/12) lalu, kunjungan pun turun drastis.

"Ya, kalau berhenti jualan, kita mau makan apa. Terpaksa jualan terus walau omzet menurun," pungkasnya.

Kontributor Pariaman: Almurfi Syofyan

Berita Terkait

Baca Juga