Tabiang Takuruang, Salah Satu Ikon Destinasi Wisata di Agam

Tabiang Takuruang Salah Satu Ikon Destinasi Wisata di Agam Tabiang Takuruang (foto rudrik)

Covesia.com - Tabiang Takuruang menjadi salah satu ikon destinasi wisata, yang terletak di kawasan jorong Jambak, nagari Sianok, kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar). 

"Kenapa namanya Tabiang Takuruang?, ya, karena tabiang ini dikelilingi tebing-tebing lain yang mengapitnya. Tabiang Takuruang itu tepat berada ditengah pemandangan hijau," ungkap Nofialdi (48) warga asli setempat, Sabtu (19/1/2019).

Ia menyebutkan tebing yang memiliki tinggi lebih kurang 100 meter itu dulunya lebih besar dan lebih tinggi pada kondisi saat sekarang, karena dulu pernah terjadi gempa maka sebagian tebing itu runtuh. 

"Dulunya sebelum adanya gempa tebing itu sering dipanjat sekarang sudah tidak lagi karena kondisi tebing yang curam," katanya. 

Ia menambahkan Tabiang Takuruang yang berada ditengah tebing-tebing lainnya menjadi suatu keunikan bagi pengunjung yang datang, pasalnya, selain indah dipandang disisi tabiang juga tampak aliran sungai yang mengalir yang menambah daya tarik tabiang itu. 

"Apalagi kalau dijadikan objek berfoto, tabiang yang satu-satunya berada diantara tebing lainnya dan alam yang indah ditambah pemandangan yang hijau dan aliran sungai menjadikan foto tampak hidup dan nyata," sebutnya. 

Jadi bagi pencinta alam tidak salahnya untuk mengunjungi ikon wisata Agam yang satu ini, hanya butuh waktu 20 hingga 30 menit dari kota Bukittinggi untuk menuju lokasi ini dengan menggunakan kendaraan roda dua. 

(deb)


Berita Terkait

Baca Juga