Pemko Pariaman Bakal Buka Pulau Tangah untuk Wisata Edukasi Ekologi

Pemko Pariaman Bakal Buka Pulau Tangah untuk Wisata Edukasi Ekologi Walikota Pariaman, Genius Umar, saat berpose di depan Pulau Tangah (Foto: Covesia/ Alfi)

Covesia.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman bakal membuka Pulau Tangah untuk wisata keluarga dan wisata edukasi ekologi. Hal tersebut bertujuan untuk menambah destinasi wisata bahari yang ada di daerah tersebut.

"Kita perlu memberdayakan dan memanfaatkan potensi yang kita miliki, dan Pulau Tangah, sangat cocok karena di pulau ini, banyak sekali habitat pohon dan burung yang menjadi ciri khasnya dan cocok untuk wisata eduksi ekologi," ujar Wali Kota Pariaman Genius Umar, Senin (28/1/2019).

Kata Genius, pulau tersebut telah dilengkapi dengan jalan setapak disekeliling pulau. Lalu juga ada 15 gazebo yang telah dibuat, serta dermaga apung yang dibuat dengan biaya APBN. Pulau Tangah itu, juga dapat dijadikan Hutan Kota, dan nantinya akan menambah Ruang terbuka Hijau (RTH) yang ada di Kota Pariaman.

"Pulau Tangah banyak menyimpan kekayaan tumbuh-tumbuhan yang beragam, spesies burung yang ada disini, jadi nanti kita akan membuat aturan agar setiap pengunjung, tidak boleh menebang pohon dan menembak burung di kawasan ini", tuturnya.

Kedepan Pemko Pariaman akan membuat regulasi bagaimana aturan dan batasan yang akan dibuat untuk penetapan Pulau yang mempunyai luas sebesar 6,56 Ha ini sebagai hutan kota.

"Yang dapat kita andalkan, di Pariaman ini adalah Pariwisata, karena itu, perlu kita perbanyak destinasi wisata baru yang dapat menarik pengunjung untuk datang, selain memperbanyak ivent wisata", ucapnya.

Kontributor Pariaman: Almurfi Syofyan


Berita Terkait

Baca Juga