Muaro Mati, Potensi Wisata yang belum Terjamah di Pesisir Kabupaten Agam

Muaro Mati  Potensi Wisata yang belum Terjamah di Pesisir Kabupaten Agam Muaro Mati, Potensi Wisata yang belum Terjamah di Pesisir Kabupaten Agam (Foto: Covesia/ Johan Utoyo)

Covesia.com – Kabupaten Agam menyimpan sejuta potensi wisata, namun hanya sebagian kecil yang diketahui khalayak ramai, dan dikelola dengan baik, seperti halnya di Kecamatan Tanjung Mutiara, kawasan pesisir Kabupaten Agam itu, tidak hanya memiliki pantai yang indah, terdapat juga sebuah Laguna, “Muara Mati ” dengan pemandangan yang memanjakan mata.

Potensi wisata yang dikenal dengan sebutan Muaro Mati itu Terletak di Jalan Raya Lubuk Basung - Padang, Nagari Tiku Selatan, yaitunya di perbatasan Pasar Tiku dan  Objek Wisata Pantai Banda Gadang.

Camat Tanjung  Mutiara, Yogi Astaria, melalui Kasi PNM, Weri Ikhwan mengatakan, Muaro Mati merupakan bibir pantai berbentuk seperti danau kecil  dengan luas sekitar 2 hektare, jika pasang naik, air akan  memenuhi seluruh permukaan danau, namun jika  pasang kembali surut akan tampak genangan  yang besar di bibir pantai yang  dikelilingi pepohonan kelapa.

Meskipun belum menjadi objek wisata, secara alami Muaro Mati sudah menjadi pemandangan dan  spot foto yang indah, banyak pengunjung yang sekedar singgah untuk mengabadikan fenomena alam tersebut.

“Saat menuju Pantai Pasia Tiku atau Bandar Gadang, banyak pengunjung yang berhenti sejenak untuk berfoto, kita yakin, jika dikelola dengan baik, potensi tersebut bisa menambah kunjungan wisatawan ke kabupaten Agam.“ ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Minggu (10/2/2019).

Saat ini pihaknya sedang merancang  kerja sama dengan masyarakat untuk dijadikan kawasan wisata, nantinya, Pantai Pasia Tiku dan Banda Gadang akan menjadi kawasan besar yang akan disatukan oleh Muaro Mati.

“Kita juga Sudah mengusulkan ke Disparpora Agam agar di buatkan jalan penghubung antara Objek Wisata Pasia Tiku dan Banda Gadang serta sebuah jembatan yang melintas di kawasana Muaro Mati, jadi wisatawan bisa berjalan kaki di bibir pantai untuk pergi ke semua objek wisata," tutupnya.

(han)


 

Berita Terkait

Baca Juga