Sempat Populer, Kini Objek Wisata Lambuang Baruak di Pessel Ditinggalkan Pengunjung

Sempat Populer Kini Objek Wisata Lambuang Baruak di Pessel Ditinggalkan Pengunjung Objek Wisata Lambuang Baruak di Kecamatan Batangkapas Pessel. (Foto: Indrayen)

Covesia.com - Keindahan distinasi Wisata Lambuang Baruak yang terletak di Kampung Labuang Baruak, Nagari Koto Nan Duo, Kecamatan Batangkapas, Kabupaten Pesisir Selatan, akhir-akhir ini sepi pengunjung, hal itu disebabkan akses jalan menuju kawasan cukup parah.

Pantauan Covesia.com di lapangan, pada Minggu (24/2/2019) keindahan pantai wisata lambuang baruak terlihat sepi pengunjung. Padahal, keindahan dan kebersihan pantai labuang baruak dengan lautnya yang hijau dan pasirnya yang putih, sangat menggugah pandangan yang membuat pengunjung betah berada ditempat tersebut.

Sebelumnya, kawasan wisata labuang baruek ini sangat hits dikalangan masyarakat serta sempat populer dikalangan pecinta wisata pantai, dan wisata itu, juga sempat digadang-gadangkan mirip dengan pantai kuta bali.

Tapi, akhir-akhir ini kunjungan wisatawan di kawasan wisata labuang baruak mulai sepi, yang disebabkan akses menuju ke lokasi sangat parah. 

Sebab, para pengunjung yang melalui jalan darat harus menempuh jalan perbukitan yang terjal dengan kondisi jalan mendaki menurun, selain harus menempuh perbukitan, jalan penuh dengan bebatuan krikil yang runcing serta becek dikala hujan.

"Akhir-akhir ini memang kawasan wisata kita sepi dikunjungi wisatawan. Tidak seperti sebelumnya, apabila dihari libur pengunjung sangat ramai,"sebut salah Erni (40) seorang masyarakat yang berjualan di kawasan wisata labuang baruak pada Covesia.com

Menurutnya, hal itu disebabkan jalan menuju kawasan itu, makin lama makin parah. Apabila ditempuh melalui jalan darat. Akibatnya, omset para pedagang yang berada dikawasan tersebut menurun dari sebelumnya.

"Memang pengunjung juga bisa kelokasi menggunakan jalur laut. Tapi, akhir-akhir ini cuacakan juga kurang membaik,"ujarnya

Lanjutnya, terkait hal itu, ia berharap kepada pemerintah untuk segera memperbaiki akses menuju lokasi wisata itu. Selain mempermudah pengunjung jalan juga bisa memperlancar akses masyarakat apabila hendak ke pasar kecamatan itu.

"Apabila akses jalan bagus, pasti pengunjung bakal terus ramai. Sebab, kalau untuk keindahan pantai kawasan ini tidak akan kalah dengan wisata pantai yang ada di Kabupaten Pessel," pungkasnya.

Sementara itu, Rahim (27) seorang pengunjung mengakui, bahwa kawasan wisata labuang baruak sangat bagus dan indah.

"Saya akui, tidak hanya di foto saja lokasi ini bagus. Ternyata aslinya memang bagus. Sebab, ekosistem lautnya terjaga, bersih ditambah dengan pasirnya yang putih dengan warnah lautnya yang hijau. Sehingga memancarkan keindahan yang elok dipandang mata,"sebutnya

Menurutnya, masyarakat di kawasan ini juga ramah dan pandai menjaga keindahan pantai. Sehingga parah pengunjung tidak bosan. Ditambah lagi tiket masuk murah yang hanya Rp5.000 per orang.

"Memang kelihatan sepi pengunjung. Berkemungkinan karna akses jauh, selain itu jalan juga ekstrim dan masih kurang bagus," tuturnya

Lanjutnya, ia menyarankan apabila akses menuju lokasi bagus, pasti kawasan ini akan terus ramai dan akan populer.

Kontributor Pessel: ndrayen Putra

Berita Terkait

Baca Juga