5 Varian Nasi Goreng Populer di Indonesia, Mana yang Jadi Favoritmu?

5 Varian Nasi Goreng Populer di Indonesia Mana yang Jadi Favoritmu ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Siapa sih yang tak doyan makan nasi goreng? Nasi goreng merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang bisa ditemukan dimana saja. Makanan favorit masyarakat Indonesia bahkan sampai ke luar negeri, ini bisa dijumpai di restoran mewah atau hotel bintang lima sekalipun.

Dirangkum covesia.com dari berbagai sumber,  nasi goreng di bawah ini jadi yang terpopuler di Indonesia.

Nasi goreng petai

Mungkin sebagian orang ada yang tak doyan makan petai. Sayuran satu ini memang sering dihindari karena bau khasnya. Namun penggemar pun tak kalah banyak, termasuk saat menjadikannya sebagai campuran nasi goreng. Nasi goreng petai juga jadi salah satu nasi goreng yang populer di Indonesia.

Nasi goreng ikan asin

Wah, ikan asin juga bisa bikin nasi goreng terasa makin sedap. Karena orang Indonesia suka dengan cita rasa kuat, maka ikan asin dirasa cukup cocok di lidah. Nasi goreng ikan asin disajikan tanpa saus atau bumbu putih, dengan cincangan ikan asin dan cabai rawit.

Nasi goreng seafood

Sesuai namanya, campuran nasi goreng seafood terdiri dari aneka hasil laut, seperti udang, bakso ikan, daging kepiting, atau cumi. Biasanya nasi goreng seafood disajikan putihan tanpa bumbu saus atau cabai. Ada juga yang menggunakan saus merah sebagai bumbu pelengkapnya.

Nasi goreng Jawa

Keunikan nasi goreng Jawa terletak pada bumbunya yang menggunakan sambal ulek berupa cabai dan bawang-bawangan. Warna merah nasi gorengnya didapat dari cabai segar, bukan saus.

Lauk yang digunakan untuk campuran pun beragam, mulai dari suwiran ayam kampung, taoge, telur, dan sawi hijau. Beberapa daerah menambahkan kubis, topping irisan telur dadar, hingga campuran babat goreng.

Nasi goreng kambing

Daging kambing punya aroma dan cita rasa khas yang mengingatkan kita pada kuliner ala Timur Tengah. Apalagi bumbunya terdiri dari jinten, cengkeh, dan kapulaga. Sehingga aromanya lebih wangi dan manis, dengan rasa gurih khas dari daging kambingnya.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga