Tapian Panyinggahan, Objek Wisata Baru di Maninjau yang Mulai Dilirik Wisatawan

Tapian Panyinggahan Objek Wisata Baru di Maninjau yang Mulai Dilirik Wisatawan Objek wisata Tapian Panyinggahan danau Maninjau, Agam Sumatera Barat (Foto: Johan Utoyo)

Covesia.com - Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memiliki berjuta potensi yang apabila dikelola dengan baik bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung kesana. 

Adalah Tapian Panyinggahan Maninjau salah satunya, terletak ditepi Danau Maninjau di Jorong Kubu Baru, Nagari Maninjau Kecamatan Tanjung Raya, objek wisata ini mulai dikenal masyarakat sekitar dan diminati wisatawan

Salah satunya Al Husni (35) warga Lubuk Basung yang sengaja mampir bersama keluaga untuk menikmati indahnya suasana tepi danau serta mengabadikan moment jelang tenggelamnya sang surya.

"Dimedia sosial pemandangan disana  sangat indah, jadi kemaren saya dari Payakumbuh hendak ke Lubuk Basung tidak rugi rasanya mampir sebentar untuk melepas lelah sambil menikmati secangkir kopi, "ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com Minggu, (24/3/2019).

Menurutnya objek wisata tapian panyinggahan cukup indah, apalagi menjelang senja, sambil menunggu terbenamnya mentari ditambah tiupan angin lembut serta riak danau yang berkemilau terpantul cahaya matahari bisa membuat pengunjung betah duduk disana.

Namun demikian Hasrat untuk berwisata dadakannya belum terpenuhi sempurna lantaran tidak adanya warung untuk memesan secangkir minuman. " Pemandangan memang  indah, anak-anak langsung mandi kedanau namun tidak ada warung kuliner disekitar lokasi, jika ada masyarakat yang berjualan kuliner tentunya akan lebih baik, "ulasnya sedikit kecewa

Ditempat terpisah Walinagari Maninjau Alfian membenarkan hal tersebut, untuk saat ini memang belum ada masyarakat yang berjualan di sana, saat ini pihaknya sedang mengupayakan bagaimana pembuatan warung -warung kecil untuk bersantai pengunjung.

Dikatakan Alfian, Objek Wisata Tapian Panyinggahan memang baru dibuka akhir 2018 kemarin, untuk tahap awal ini pemerintah nagari bersama kecamatan dan masyarakat bergotong royong membangun tanpa anggaran dana.

"Objek wisata Ini baru dibuka, namun tahun ini sudah dianggarkan untuk pembangunan dermaga, dengan disain atap bergonjong, Mushalla, MCK dan lokasi parkir, "jelasnya.

Selain menambah kawasan wisata kabupaten Agam, pembukaan Objek Wisata Tapian Panyinggahan juga bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat, nantinya pihak nagari akan membuat warung-warung kecil disekitar lokasi untuk tempat berjualan masyarakat setempat.

"Sudah menikmati pemandangan sambil berenang  ke danau pengunjung pastinya lapar, disini kita inginkan masyarakat untuk berjualan kuliner khas Maninjau, sudah bisa dibayangkan keuntungan yang bisa diraup, "tuturnya. (han/adi)

Berita Terkait

Baca Juga