Nyam! 7 Bakso ini Sangat Populer di Indonesia

Nyam 7 Bakso ini Sangat Populer di Indonesia Bakso

Covesia.com - Siapa sih yang tak suka makan bakso? Hampir setiap daerah memiliki resep bakso yang khas di daerah masing-masing.

Belum lagi seiring berkembangnya zaman, banyak bakso yang dimodifikasi dan menjadi populer. Berikut daftar 7 bakso yang paling populer di Indonesia disadur covesia.com dari laman resepkoki.id:

1. Bakso Solo

Bakso Solo memiliki kuah yang bening dan gurih kaldu yang natural. Kuah pada bakso Solo tidak terasa tajam. Meski demikian rasanya sangat nikmat, apalagi bakso Solo terkenal karena kepadatan dagingnya. Rasa khas sapinya sangat kuat karena banyak bakso Solo berani menggunakan daging sapi di atas 90%.

Yang khas lagi dari bakso di kota Solo, warung bakso juga menjual balungan iga yang disajikan pada semangkuk bakso. Selain itu, warung bakso juga menjual berbagai gorengan seperti tahu dan bakwan yang bisa dicampurkan dengan bakso juga, lho.

2. Bakso Malang

Siapa tak kenal bakso malang? Bakso di kota malang ini begitu terkenal karena variasi baksonya yang beragam.

Berbeda dari bakso pada umumnya yang berisi bakso, tahu, pangsit, mie, dan sawi. Bakso malang memiliki ragam pilihan yang bahkan bisa dibeli satuan, jadi bukan per porsi. Pilihan pada bakso malang diantaranya bakso goreng, bakso halus, bakso urat, pangsit goreng, siomay, tahu, mi kuning dan soun.

3. Bakso Cuanki

Bagi sebagian masyarat Jawa Barat, khususnya sekitar Bandung dan Bogor, pasti tidak asing lagi dengan bakso cuanki. Beberapa orang bahkan ada yang menyebutnya bakso bandung.

Tampilannya hampir menyerupai bakso Malang. Namun, bakso cuanki memiliki ukuran yang lebih kecil. Selain itu, kuah bakso cuanki bukan dari daging sapi seperti bakso lainnya, tapi terbuat dari rebusan tulang ikan.

4. Bakso Goreng

Pernah makan bakso goreng? Pasti pernah, kan? Bakso goreng kini begitu populer di berbagai tempat. Banyak restoran dan cafe menjual bakso goreng sebagai cemilan atau makanan pembuka (appetizer).

Selain itu, bakso goreng juga biasa ditemukan di pinggir jalan dan dijual bersama bakso bakar. Tapi hati-hati ya kalau membeli bakso goreng, waspadai kalau minyaknya tidak sehat atau jelantah. Nah, supaya lebih aman Anda lebih baik membuat bakso goreng sendiri saja di rumah.

5. Pentol

Pentol ini berbeda dengan bakso. Pentol memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih banyak tepung kanjinya. Daging sapi yang digunakan sangat sedikit, hanya sebagai perasa saja. Namun, jajanan ini tetap begitu populer karena terasa lezat dan juga murah.

Jajanan pentol begitu populer karena mudah ditemukan di pinggir jalan. Dalam penyajiannya, pentol disajikan bersama saus, kecap atau bumbu kacang sesuai selera.

6. Bakso Bakar

Nah, bakso yang satu ini juga tak sangat populer. Biasa dijual dengan bumbu pedas, penggemarnya pun sangat banyak.

Bakso bakar terbuat dari bakso-bakso yang ditusuk jadi satu, kemudian dibakar dengan bumbu kecap dan saus pedas. Beberapa penjual juga menggunakan pentol yang ditusuk dan dibakar supaya harganya lebih ekonomis.

7. Bakso Isi

Bakso isi merupakan bakso modern yang menyuguhkan kenikmatan yang begitu berbeda. Sama dengan bakso pada umumnya, namun yang membedakan bakso tersebut diberi isian seperti keju chedar, mozarela, telur, daging cincang, bahkan cabai.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga