Belum Ada Larangan ke Pasir Jambak, Pengunjung Diingatkan Waspadai Kemunculan Bluebottle

Belum Ada Larangan ke Pasir Jambak Pengunjung Diingatkan Waspadai Kemunculan Bluebottle Sejumlah bayi ubur-ubur bluebottle terdampar di pantai Pasir Jambak. Foto: istimewa/Zailus Ikhlas

Covesia.com - Ubur-ubur bluebottle kembali ditemukan muncul di perairan pantai Pasir Jambak, Kelurahan Pasia Nan Tigo, Koto Tangah, Padang. Ubur-ubur berbahaya itu muncul Kamis (17/10) sore dan telah menyengat dua anak-anak yang sedang bermain di pantai.

Baca: Penampakan Bayi Ubur-ubur Bluebottle di Pantai Pasir Jambak, Kemunculannya Sulit Diprediksi

Menyikapi itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Padang, mengingatkan pengunjung untuk berhati-hatidan menghindari lokasi di mana ditemukan munculnya ubur-ubur bluebottle dewasa serta bayinya.

"Dari laporan anggota kami di lapangan, memang ada ditemukan bayi ubur-ubur tersebut di Pasir Jambak," sebut Kadisparbud Padang, Arfian kepada Covesia, Jumat (18/10) malam melalui pesan singkat.

Untuk langkah antisipasi, katanya, pihaknya telah melakukan beberapa hal, antara lain; berkoordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang untuk tindak lanjut penanganan bayi ubur-ubur tersebut.

"Kepada penggiat pariwisata dan kelompok Sadar Wisata yang ada di Pasir Jambak juga sudah disampaikan untuk menginformasikan kepada pengunjung agar berhati-hati saat bermain di pantai," katanya.

Dia menambahkan, jika kemunculan ubur-ubur bluebottle dewasa dan bayinya kembali masif, pengunjung atau wisatawan yang datang ke lokasi, diminta untuk sementara waktu tidak bermain atau mandi-mandi di sekitaran pantai.

(rdk)

Berita Terkait

Baca Juga