Berniat Umroh? Ini Tips Memilih Travel Agent Terpercaya

Berniat Umroh Ini Tips Memilih Travel Agent Terpercaya Masjidil Haram (Foto: Antara)

Covesia.com - Animo masyarakat Indonesia yang tinggi terhadap ibadah umrah berimbas pada keberadaan bisnis travel umrah yang terus tumbuh subur. Belajar dari pengalaman kasus First Travel yang mengiming-imingi harga promo justru membuat banyak calon jemaah gagal pergi ke tanah suci.

Kondisi ini tentu membuat was-awas masyarakat yang akan berencana menjalankan ibadah umroh di tanah suci.

Jika kamu berniat untuk melaksanakan umroh, berikut tips-tips memilih travel umroh yang Covesia.com kutip dari berbagai sumber.

Pastikan Travel Berizin

Sebelum memutuskan umrah, pastikan memilih biro travel yang berizin. Pastikan travel tersebut sudah terdaftar dan resmi Kementerian Agama. Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah atau PPIU harus terdaftar dan mengantongi izin dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Ada dua cara untuk mengetahui bagaimana cara cek resmi atau tidaknya travel. Pertama dengan datang langsung ke Kementerian Agama untuk mengkonfirmasi legalitas biro travel terkait.

Kedua, cukup akses internet dan buka website resmi Kementerian Agama.

Jangan mudah tergiur dengan harga yang jauh lebih terjangkau!

Dikarenakan iming-iming harga promo yang jauh lebih terjangkau, banyak nih yang tergiur dan justru malah tertipu dengan agen haji dan umroh yang bermasalah. Bukan berarti harga terjangkau pasti bermasalah, tapi ada baiknya kamu melakukan pencarian informasi di internet untuk menghitung biaya perjalanan.

Jika kamu menghitung sendiri dan membandingkan harga tiket pulang pergi, hotel, transportasi, makan, visa, hingga oleh-oleh yang biasanya menjadi paket bonus untuk jemaah haji, apakah harga promo yang ditawarkan si agen cukup masuk akal? Coba bandingkan juga ya dengan agen travel-travel sejenis di daerahmu untuk mendapatkan harga rasional. Jika harganya terlalu rendah dan agen travel ini belum memiliki track record yang jelas, maka lebih baik menghindar, guys!

Pastikan Penerbangan dan Jadwal Keberangkatan

Setelah memastikan travel umrahnya terdaftar di Kementerian Agama, perhatikan jadwal keberangkatan yang pasti. Sebenarnya setiap travel umrah sudah mendapatkan quota visa untuk setiap tanggal keberangkatan.

Dari kuota visa maka biro travel selanjutnya dapat memesan tiket pesawat untuk keberangkatan dan kepulangan. Jadi patut dicurigai jika PPIU mengeluarkan paket umroh namun tidak bisa memberikan tanggal dan hari keberangkatan umrah.

Pastikan Paket Biaya Umrah

Biaya umroh harus wajar dan pastikan apa saja fasilitas yang diberikan selama umroh. Perhatikan harga paket umrah dan pastikan apa saja pelayanan yang didapatkan jamaah.

Biasanya, ada beberapa biaya tambahan di luar paket umrah yang harus ditanggung sendiri oleh jemaah.

Ketahui riwayat kinerja agen travel haji dan umroh

Bagian ini adalah hal yang paling penting untuk kamu pastikan. Untuk mengetahui reputasi si agen travel haji dan umroh, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Pertama, kamu bisa mulai dengan browsing performa agen haji dan umroh melalui internet sehingga bisa mendapatkan gambaran kepuasan pelanggan pada umumnya.

Selain itu, kamu pun bisa bertanya pada teman dan sanak saudara yang mengenal travel haji dan umroh tersebut atau telah memakai jasa perjalanannya. Apakah benar-benar terpercaya? Sudah berapa lama menjalankan bisnis travel haji dan umrohnya? Dan terakhir, pastikan juga karakter pemilik travel dan pengurus kunci dari travel tersebut. Sebagai antisipasi untuk melihat apakah dia orang yang amanah dan nggak mudah tergiur dengan nominal uang besar yang dikelolanya.

Pastikan Hotel

Cek nama hotel, lokasinya dan jarak ke Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Cek juga apakah hotel yang didapatkan sudah sesuai dengan yang tertera di paket atau belum.

Pastikan Visa

Dan tips umrah yang aman terakhir adalah mengecek visa. Konfirmasi ke PPIU perihal status visa yang akan didapatkan dari pemerintah Arab Saudi.

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga