7 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Palupuh Agam

7 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Palupuh Agam Sarasah (Air Terjun) tiga tingkat di Pasia Laweh Sungai Guntuang, Palupuh, Kabupaten Agam, Sumbar (Foto: Covesia/ Debi)

Covesia.com - Tak banyak yang tau, ternyata kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) memiliki sejumlah destinasi wisata yang wajib dikunjungi, terutama disaat musim libur. 

Ada tujuh destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Palupuh Agam, Sumbar diantaranya Air Terjun Tiga Tingkat Sungai Guntung, Wisata Ikan Banyak Lubuk Parulangan, Sarasah 7 Tingkat Jorong Angge, Pusaro Panjang Inyiak Tan Barido Jorong Aur Kuning, Sarasah Rimbo Kambiang, Pemandian Aia Angek Lubuk Paranggai dan Batu Baraguang Lurah Dalam. 

Semua destinasi wisata itu merupakan destinasi wisata unggulan yang dimiliki potensi alam Palupuh, Sumbar. 

Untuk menikmati tujuh destinasi wisata itu, tidak akan cukup waktu dalam satu hari setidaknya pengunjung membutuhkan waktu tiga hari untuk mengunjungi objek wisata itu. 

Sedarinya, destinasi wisata itu sendiri dikelola oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Murai Batu Batuah Pasia Laweh Palupuh Agam, bagaimana destinasi wisata itu bisa dikenal masyarakat luas dan dikembangkan karena potensi alamnya yang memberikan peluang wisata kunjungan. 

Ketua Pokdarwis Murai Batu Batuah Pasia Laweh, Mahyudanil menuturkan ketujuh potensi wisata itu kini tengah dikembangkan dengan adanya bantuan dari pemerintah mulai dari perbaikan akses jalan hingga normalisasinya. 

"Jika ada pengunjung yang ingin berwisata ke tujuh lokasi itu, kami dari tim Pokdarwis Mursi Batu siap menemani hingga lokasi wisata. Ini bentuk pelayanan bagi pengunjung yang datang," ungkapnya. 

Untuk destinasi wisata pertama yang bisa dikunjungi yakni Pemandian Aia Angek. Lokasinya berada di Pasar Palupuah yang berjarak kurang lebih 100 meter dari jalan utama.

Mahyudanil menuturkan terdapat puluhan titik air panas yang berada di sepanjang Sungai Paranggai dimana lokasi Aia Angek itu berada. Air panas ini sudah ditemukan puluhan tahun yang lalu dan hingga saat ini masih terjaga dengan baik. Aia Angek ramai dikunjungi disaat musim libur. 

Soal, banyaknya titik air panas di sepanjang Sungai Paranggai, hingga saat ini masih belum ada jawaban yang jelas dan juga belum ada peneliti yang melakukan peneletian. 

Usai berkunjung ke Aia Angek, bergeser ke wisata Ikan larangan yang kenal dengan wisata Ikan Banyak Lubuk Parulangan yang berlokasi 30 meter dari jalan utama Bukittinggi-Pasaman. 

Konon, di objek wisata ikan Banyak ini masyarakat maupun pengunjung tidak boleh memancing sekalipun memakan ikan yang ada di aliran sungai itu. Jikapun dimakan orang yang memakannya dipercaya bisa sakit. Jadi pengunjung hanya bisa memberi makan ikan di sungai itu. 

Selanjutnya Air terjun Tiga tingkat yang berada di kilometer 17 Jalan Raya Bukittinggi-Pasaman, di persimpangan jalan arah ke daerah Koto Tinggi Kabupaten Limapuluh Kota, dan sekitar 10 kilometer dari simpang jalan.

Di objek wisata ini pengunjung bisa menikmati wisata air yang segar sembari menikmati indahnya alam perbukitan dan hamparan sawah Pasia Laweh.

Tak kalah indahnya, Air Terjun 7 Tingkat Jorong Angge juga memberikan daya tariknya sendiri bagi pengunjung. Untuk ke lokasi ini bisa ditempuh dengan menggunakan jalan setapak ditambah dengan hembusan angin hutan di perbukitan tersebut. 

Ditambah tiga destinasi wisata lainnya yakni Pusaro Panjang Inyiak Tan Barido Jorong Aur Kuning, Sarasah Rimbo Kambiang dan Batu Baraguang Lurah Dalam siap menemani hari-hari libur pengunjung untuk menikmati wisata yang dimiliki Pasia Laweh Palupuh, Sumbar. 

(deb/don)


Berita Terkait

Baca Juga