Soal Penyambutan Irwan Prayitno ke Wisatawan China, Kadispar: Kebetulan Gubernur di Bandara

Soal Penyambutan Irwan Prayitno ke Wisatawan China Kadispar Kebetulan Gubernur di Bandara Kepala Dinas Pariwisata Sumbar saat diwawancarai di Kantor DPRD Sumbar, Senin (27/1/2020). Foto: Covesia/Laila Marni

Covesia.com - Protes datang dari masyarakat perihal penyambutan Gubernur Sumbar terhadap wisatawan asal China pada Minggu (26/1/2020). Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial angkat bicara perihal itu.

"Pada awalnya tak ada sambutan dari Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Kebetulan pesawat yang ditumpangi wisatawan China delay dan berbarengan dengan mendaratnya pesawat yang ditumpangi gubernur dari Jakarta. Pihak Tour travel mendaulat gubernur memberikan sambutan," ungkap Novrial di Gedung DPRD Sumbar, Senin (27/1/2020).

Novrial mengatakan awalnya yang menyambut kedatangan wisatawan ialah dirinya dan Sekda. "Namun karena ada gubernur, jadi beliau yang memberi sambutan," ujarnya.

Tak hanya itu, perihal tarian yang digunakan menyambut kedatangan wisatawan bukanlah tarian tradisi melainkan tarian kreasi.

"Ini hanya suatu bentuk keramahtamahan kita kepada wisatawan," jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini rombongan wisatawan sudah dalam perjalanan ke Padang. Mereka hanya sempat ke Pariaman dan Bukittinggi.

"Tidak jadi ke Tanah Datar dan Singkarak karena adanya penolakan," ujarnya.

Sementara itu, Dinas Pariwisata akan berupaya memulangkan secepat wisatawan asal China tersebut.

Soal isolasi, Novrial mengatakan sedang dipikirkan tidak ada isolasi wisatawan selama ini. Isolasi memang tapi tidak dalam konteks lembaga pemasyarakatan.

"Tapi, kalau stay di hotel itu masuk akal," ujarnya.

Belum ada tanggal pasti untuk mereka kembali ke China, namun segera dipulangkan. "Pihak Tour and Travel setuju wisatawan tidak keluar dari hotel mengingat kekhawatiran masyarakat," pungkasnya.

(ila/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga