Kerja Sama dengan Bank Nagari, Objek Wisata Lapau Panjang Chimpago Bakal Terapkan e-Retribusi

Kerja Sama dengan Bank Nagari Objek Wisata Lapau Panjang Chimpago Bakal Terapkan eRetribusi Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Arfian melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama E-retribusi dengan Bank Nagari di Hotel Mercure, Rabu (19/2/2020)(Foto:Covesia/Laila).

Covesia.com - Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Arfian mengungkapkan dalam waktu dekat e-retribusi akan berlaku di objek wisata Lapau Panjang Chimpago. Hal itu disampaikannya sesaat setelah melakukan penandatangan perjanjian kerjasama E-retribusi dengan Bank Nagari Cabang Pasar Raya di Hotel Mercure Padang, Rabu (19/2/2020).

"Pemerintah Kota Padang mengupayakan meningkatkan e-retribusi di pariwisata. Kita kerja sama dengan Bank Nagari untuk penerapan e-retribusi. Jadi masuk masuk objek pariwisata tidak pakai uang tunai lagi. Kita pakai nontunai melalui e-retribusi," ungkapnya.

Dikatakan Arfian begitu banyak kemudahan yang dapat diperoleh dengan menggunakan e-retribusi ini. "Walaupun gak datang langsung ke objek wisata, kita bisa pesan tiket masuk di manapun," ujarnya.

"Kita yakin dan percaya dengan penerapan e-retribusi ini insyaallah pendapatan pariwisata akan mengalami peningkatan," ungkapnya.

Sebelum melakukan kerjasama dengan Bank Nagari, Pemko Padang pernah melakukan kerjasama e-retribusi dengan Bank BRI untuk dua objek wisata yakninya pantai air manis dan Gunung Padang.

Ia mengatakan dengan penerapan non tunai di dua objek wisata tersebut memang mengalami peningkatan 5-10 persen.

"Dengan diback up oleh Bank Nagari semoga akan menambah penerimaan dari retribusi sektor pariwisata lebih besar lagi," jelasnya.

Tak hanya itu, kata Arfian, kebocoran yang dialami ketika menggunakan tunai akan terminimalisir.

"Kita masih komunikasikan bagaimana teknisnya di Lapau Panjang Chimpago," tutupnya.

(ila)


Berita Terkait

Baca Juga