Mekar Sempurna, Bunga Bangkai Raksasa di Palupuh Agam Mulai Didatangi Wisatawan

Mekar Sempurna Bunga Bangkai Raksasa di Palupuh Agam Mulai Didatangi Wisatawan Mekar Sempurna, Bunga Bangkai Raksasa di Palupuh Agam Mulai Didatangi Wisatawan (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Memasuki fase mekar sempurna, tanaman langka jenis bunga bangkai raksasa yang tumbuh di Pandan Gurun, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Mulai dikunjungi masyarakat dan wisatawan.

Aktivis Pemerhati Bunga Langka di Kecamatan Palupuh, Heru Nofriandi mengatakan, para wisatawan maupun masyarakat mulai berdatangan saat bunga memasuki fase mekar pertama sekitar tiga hari yang lalu.

"Banyak yang datang untuk melihat dan mengabadikan moment langka ini, kami sebagai warga siap mendampingi dan mengawasi kegiatan pengunjung," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com Kamis (20/2/2020).

Dikatakan Heru, bunga dengan jenis Amorphallus Titanum ini diperkirakan memiliki tinggi 2,5 meter lebih, dan tumbuh di lereng perbukitan masyarakat. "Lokasi ini sebelumnya juga sering ditemukan bunga dengan jenis yang sama, yang mekar saat ini ini juga termasuk salah satu ukuran terbesar, sekitar 2,5 Meter," katanya.

Sementara itu Camat Palupuah Hasrizal mengatakan, Pihaknya sudah  berkoordinasi dengan pemerintah nagari untuk memberikan pembatas dan plang peringatan disekitar bunga, hal itu bertujuan untuk menjaga habitat serta melindungi bunga.

"Kita sudah berkunjung, bunganya cantik, kita juga sudah melaporkannya ke BKSDA Resor Bukiitnggi untuk dilakukan pemantauan ke lapangan," katanya.

(jhn)



Berita Terkait

Baca Juga