Hendak Pergi Melancong? Kunjungi Travel Fair 2020 yang Digelar ASTINDO di Padang

Hendak Pergi Melancong Kunjungi Travel Fair 2020 yang Digelar ASTINDO di Padang Pembukaan ASTINDO Travel Fair 2020 ditandai dengan pemukulan Gendang Tasa, Jumat (6/3/2020)

Covesia.com - Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) kembali menggelar Travel Fair terbesar di Indonesia dan yang pertama di Sumatera Barat, Jumat (6/3/2020).

ASTINDO Travel Fair 2020, Pameran Wisata ini berlangsung mulai 6-8 Maret 2020 di Plaza Andalas, Kota Padang, Sumatera Barat, yang diselenggarakan serentak di dua kota lainnya, yaitu Surabaya dan Bali.

Ketua ASTINDO DPD Sumatera Barat, Nasirman Chan, mengatakan Travel Fair 2020 yang diselengggarakan ini menggandeng Tourism Malaysia.

"Beragam promosi Paket perjalanan ke luar negeri ditawarkan di ASTINDO Travel Fair 2020, yang diwarnai oleh destinasi wisata Malaysia, di antaranya 3D2N AFamosa Resort Melaka, 6D5N Edu-tourism iTTi Academy Malaysia, dan beragam destinasi dari Perak, Melaka, Kuala Lumpur, dan sebagainya," ungkap Nasirman Chan.

Selain pameran wisata, kata Nasirman ASTINDO Travel Fair 2020 juga diisi dengan kegiatan Lomba Mewarnai destinasi wisata, Fashion Show, Lomba Karya Tulis Jurnalistik dengan tema pariwisata, dan Lomba Gandang Tasa, dengan hadiah menarik berupa tabungan, tropi, piagam, dan paket perjalanan wisata ke Malaysia.

"Sementara itu, Bagi pembeli paket wisata ke Malaysia di ATF 2020 ini, berhak mengikuti undian atau lucky draw dengan hadiah berupa tiket pesawat Padang-Kuala Lumpur-Padang," jelasnya.  

Lebih lanjut Nasirman menjelaskan, ada  sekitar 15 booth diisi oleh agent perjalanan, produk pelancongan luar negeri, kuliner, dan sebagainya. 

"Produk pelancongan Malaysia yang menyertai Travel Fair ini antara lain Melaka River Cruise, The Pines Melaka, Googolplex Hospitality, Berjaya Hotels & Resorts, Mahkota Medical Centre, iTTi Academy Malaysia, dan produk-produk pelancongan dari negeri Perak di bawah Perak Bumiputra Tourism Association antara lain Homestay Labu Kubong Kuala Kangsar, KS Eco Tours, Kellie’s Castle, Kurau Inn, dan Adventure360 Tours," pungkasnya.

Nasirman berharap event ini akan sukses dan mencapai sasaran penjualan sebesar Rp400 juta.   

Sementara itu, Direktur Tourism Malaysia Medan, Hishamuddin Mustafa mengatakan, adanya event ASTINDO Travel Fair 2020 sejalan dengan campaign Visit Malaysia 2020 sehingga memberikan peluang atau kesempatan bagi Tourism Malaysia mempromosikan produk-produk pelancongannya. Momen ini juga digunakan oleh Tourism Malaysia untuk meyakinkan masyarakat Indonesia, khususnya warga Sumatera Barat bahwa Malaysia aman untuk dikunjungi wisatawan. 

Hishamuddin Mustafa tidak memungkiri bahwa COVID-19 mempengaruhi trend berpergian ke luar negeri. Penurunan jumlah wisatawan mancanegara terjadi di hampir semua negara-negara di dunia. Namun, ia meyakinkan bahwa Malaysia adalah negara yang berpengalaman dalam mengatasi ancaman wabah atau virus.

"Pemerintah Malaysia telah membentuk satu badan yang dinamankan Tourism Recovery Committee untuk memantau perkembangan serta penanganan terhadap jangkitan COVID-19 di Malaysia. Kami sampaikan bahwa Malaysia is safe, dan kami mengundang para pelancong dari Indonesia khususnya Sumatera Barat untuk datang dan merasakan pengalaman yang menyenangkan di Malaysia, ujarnya.

Ia menambahkan saat ini penerbangan ke Kuala Lumpur dari Padang dilayani oleh Air Asia sebanyak 21 kali seminggu, dengan total seat yang tersedia sebanyak 3,780 seats capacity/minggu. 

"Saat ini harga tiket pesawat ke KL juga sangat murah, dari Padang mulai lima ratus ribuan, kami harap dapat menarik sebanyak-banyaknya pelancong ke Malaysia," kata dia.  

(*/don)

Berita Terkait

Baca Juga