Audy Joinaldy: Industri Teh dan Agrowisata Solsel Berpotensi untuk Dikembangkan

Audy Joinaldy Industri Teh dan Agrowisata Solsel Berpotensi untuk Dikembangkan Audy Joinaldy saaat berkunjung ke Solok Selatan pada Minggu (12/7/2020) lalu. (Dok. Media Center Audy Joinaldy)

Covesia.com - Jika dikelola dengan baik, Kabupaten Solok Selatan (Solsel) memiliki potensi untuk bisa lebih maju lagi dengan pengembangan industri teh dan agro wisata. 

Hal tersebut diungkapkan oleh pengusaha muda asal Minangkabau yang juga merupakan bakal calon wakil Gubernur Sumbar 2020-2025, Audy Joinaldy.

Baru-baru ini Audy sudah melihat langsung bagaimana keindahan alam dan agrowisata Solok Selatan tersebut. Pada Minggu (12/7/2020) lalu, Audy bersama rombongan melakukan kunjungan ke kabupaten yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi itu.

"Kabupaten Solok Selatan berpotensi untuk pengembangan industri teh dan agrowisata karena kondisi geografis yang terletak di bawah kaki Gunung Kerinci," ungkap Audy  melalui ketua tim medianya, Nuzul Amri, Kamis (16/7/2020).

Dikatakan Nuzul, Audy Joinaldy sengaja berkunjung ke kebun teh di Solok Selatan untuk melirik potensi pengembangan pertanian di dareah itu. 

Pada kunjungan tersebut, Audy dengan timnya sempat mengambil video tentang potensi pengembangan industri teh dan agrowisata. 

Tak hanya itu, Audy juga bersilahturrahmi dengan Mahasiswa dan Dosen Fakultas Peternakan Universitas Andalas di hari yang sama. Turut hadir dalam silaturrahmi itu, Dosen Faterna Unand, Dr Ir Yuliaty Shafan Nur, Dr Ir Arfa'i M.S dan Mahasiswal Faterna Unand. 

Selain bersilaturahmi, Audy juga berdiskusi mengenai pengembangan limbah serai wangi menjadi pakan ternak dengan PK 10,3%. 

Audy juga menceritakan bagaimana awal mula ia memulai bisnis. Khususnya di peternakan, kata Audy, sinergi antara government dan akademisi amat pentung untuk pengembangan peternakan. 

Lebih lanjut dikatakan Audy, regulasi peternakan harus diperbaharui untuk menunjung perkembangan peternakan di Sumatera Barat. "Selama ini kendala yang dihadapi untuk memulai bisnis rata-rata permasalahan modal dan support dari government yang masih kurang," ujarnya. 

Di akhir Audy mengungkapkan bahwa Sumbar memiliki potensi yang berlimpah tidak hanya di bidang pertanian seperti Solsel, juga potensi peternakan. 

"Contohnya potensi plasma nutfah asli Sumatera Barat yaitu Sapi Pesisir Selatan dan ayam kukuak balenggek untuk pemurniaan genetik sebagai produk unggulan di bidang peternakan," pungkasnya.

(ila)

Berita Terkait

Baca Juga