Tugu Merpati Pantai Padang TERANCAM AMBRUK

Covesia.com - Abrasi di sepanjang kawasan Pantai Padang, Sumatera Barat dalam satu bulan belakangan cukup mengkuatirkan, sekitar 50 meter daratan telah berubah menjadi laut akibat abrasi yang kian mengganas.

"Abrasi dalam satu bulan belakangan ini yang terus mengganas, sepanjang 50 meter daratan telah menjadi laut dan dikuatirkan akan terus bertambah hingga ke badan jalan," ujar Sapri warga setempat di objek wisata Muaro Lasak, Pantai Padang kepada Covesia.com, Kamis (31/10/2019).

Sapri mengatakan, hilangnya daratan sepajang 50 meter ini juga mengancam keberadaan Tugu Monumen Perdamaian Merpati.

"Yang Saya lihat, ini yang ketiga kalinya pemasangan karung pasir untuk mengantasi agar Monumen Mepati ini tidak ambruk akibat abrasi. Kalau tidak cepat-cepat di pasang bisa roboh semua," kata Sapri.

Sementara, Pelaksana Tugas Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWS) V, Rias L mengatakan pihaknya tengah memasang Geobag (penahan abrasi pantai) sebagai tanggap darurat mengurangi daya rusak pantai untuk melindungi tugu Monumen Merpati dari abrasi.

"Ini hari kedua kita memasang karung yang diisi pasir untuk menahan ombak di tugu monumen Merpati, selain karung berisi pasir, juga dilapisi Tetrapod (beton penahan abrasi) sisa kegiatan tahun kemaren, mudah-mudahan ini dapat melindungi monumen dari abrasi," kata Rias saat dijumpai Covesia dilokasi, Kamis.

"Abrasi ini berlangsung sejak bulan Mei kemaren, ini ketiga kalinya kita melakukan tanggap darurat. Tingginya ombak, tidak mampu menahan pemasangan karung pasir dan batu pada tahap pertama dan kedua. Usai pemasangan tahap ketiga ini, kedepannya kita akan memasang penahan ombak secara permanen," pungkas Rias.

Dalam melakukan tanggap darurat tahap ketiga ini, pihak BWS Sumatera V juga dibantu personil dari TNI AL Lantamal II Padang dalam pemasangan karung pasir penahan abrasi. 

"Kita menurunkan sekitar 20 personil. Di sini kita sifatnya membatu bagaimana mempertahankan monumen Merpati tetap kokoh dan bertahan dari abrasi ini," ujar Wakil Komandan Lantamal II, Kolonel Marinir Wurjanto.

Selain mengancam keberadaan Tugu Monumen Perdamaian Merpati, abrasi juga mengancam keberadaan tank bersejarah milik TNI yang pernah digunakan dalam Operasi Tri Komando Rakyat (Trikora) yang menghiasi objek wisata Pantai Padang.

Naskah : Doni Sofyadi

Editor : Anggoma SL