Baru 7 Persen Warga Mentawai Mengenyam Pendidikan

Mentawai – Data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat mencatat tahun 2013, menyebutkan, baru sekitar 7 persen (6,76 %) penduduk di Kabupaten Kepulauan Mentawai, yang telah mengenyam pendidikan. Jumlah itu, yakni sebanyak 5.307 jiwa dari 78.511 total penduduk yang kini mendiami Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Penegasan ini dikatakan Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet, dalam situs mentawaikab.go.id yang dilansir covesia.com, Selasa (11/11/2014). Ia juga menyebutkan, saat ini ada tiga kabupaten yang tertinggal di antara 18 kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Barat, yaitu Pasaman Barat, Solok Selatan dan yang paling tertinggal adalah Mentawai. “Sementara angka kemiskinan di Mentawai sekitar 16,20 % atau sekitar 12.718 jiwa masih dibalut kemiskinan,”katanya.

Ia juga menyebutkan, kondisi ini hendaknya menjadi tanggungjawab semua pihak, tidak saja Pemkab. Mentawai, tapi juga Pemerintah Provinsi Sumbar dan pemerintah pusat. “Kondisi ini membuat program pengembangan ekonomi kerakyatan yang dikembangkan di Mentawai, banyak mengalami kendala,” tegas bupati.

Sedangkan dari segi kakayaan sumber daya alam (SDA), kata Yudas, Mentawai punya SDA yang banyak, seperti keanekaragaman hayati, kekayaan hutan dan potensi perkebunan dan pertanian. Ädapun perkembangan yang telah dicapai dalam beberapa tahun terakhir, salah satunya membuat jalan Trans Mentawai yang ada di Pulau Sipora yang telah berhasil dibangun sepanjang 20 km dari total 74,20 km yang direncanakan. (cal)

0 Comments

Leave a Comment

three × four =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password