Taman Kehati Semen Padang Sukses Kembang Biakkan Rusa Totol Istana Bogor

Taman Kehati Semen Padang Sukses Kembang Biakkan Rusa Totol Istana Bogor

Covesia.com - Taman Kelestarian Hayati (Kehati) Semen Padang sukses kembang biakkan rusa totol yang diadopsi dari Istana Bogor. Pada Rabu (28/7) pagi sekitar pukul pukul 08.30 WIB, rusa yang dikonservasikan PT Semen Padang itu kembali melahirkan seekor bayi rusa dengan berat sekitar 3 kg, panjang 60 cm dan tinggi sekitar 25 cm.

Lahirnya bayi rusa dengan nama latin Axis axis itu menambah jumlah koleksi rusa di taman Kehati Semen Padang menjadi 12 ekor yang sebelumnya berjumlah 6 ekor.

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan rusa totol di taman Kehati ini didatangkan dari Istana Bogor sejak tahun 2016 dengan jumlah enam ekor.

"Alhamdulillah, rusa Totol yang kami konservasikan di Taman Kehati kedatangan anggota baru. Salah satu rusa betina melahirkan. Ini merupakan anak kedua dari Induk yang melahirkan," sebut Nur Anita.

"Mudah-mudahan, anak rusa ini bisa beradaptasi dengan cepat di kawasan Kehati PT Semen Padang ini.
Kini," harapnya.

Nur Anita menuturkan, sebelum dilakukannya konservasi rusa di taman Kehati ini, berbagai prosedur telah dilalui, mulai dari izin hingga pengecekkan kondisi lingkungan.

"Izin pemeliharaan rusa totol ini tidak mudah. Bahkan, sebelum dipelihara di Taman Kehati, berbagai prosedur harus dipenuhi oleh PT Semen Padang, seperti izin dari BKSDA hingga pengecekan tenaga ahli dari pihak Istana Bogor melihat kondisi suhu dan lingkungan Taman Kehati," terangnya.

Taman Kehati PT Semen Padang memiliki luas 50 Ha. Selain rusa totol, di kawasan Kehati ini juga terdapat berbagai spesies flora dan fauna.
Di antaranya, palem kipas, palem merah, tumbuhan paku tiang dan pakis haji, elang ular bido, cekakak sungai, cekakak belukar, burung madu sriganti dan burung madu.

Kemudian yang terbaru, adalah ikan bilih yang telah endemik di Danau Singkarak.

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga