(Video) Singa Afrika ini Kerap Muncul di Sepertiga Akhir Ramadan hingga Jelang Lebaran, Tahu Kenapa?

Sumber: youtube

Covesia.com – Singa Afrika identik dengan keganasannya di alam liar. Sebagai predator puncak, singa memiliki suara khas yang membuat hewan lain bakal ketakutan.

Namun, dalam sejumlah parodi, si singa yang seharusnya kelihatan menakutkan dengan aumannya, malah menjadi kocak dan mengundang tawa lantaran suaranya berganti dengan teriakan “Te-Ha-Er.”

“Te-Ha-Er” yang dimaksud adalah THR alias Tunjangan Hari Raya. Nah, karena itulah video singa mengaum THR ini sering muncul di media sosial hingga ke grup-grup WA dan lainnnya.

Video singa bersorak THR ini sering dibagikan ketika ibadah puasa Ramadan sudah mendekat penghujung. Video ini juga kerap dijadikan “sindiran” agar para pekerja terutama di bidang usaha swasta, segera mendapat THR sebelum hari raya tiba.

Sumber: youtube/Ahmad Sulthon Auliya

Selain video “singa teriak THR,” ada juga video yang diedit oleh warganet yang memperlihatkan legenda kungfu Bruce Lee mengamuk karena tidak dapat THR. Baik video singa maupun Bruce Lee, kedua cukup mewakili harapan dan “emosi” para pekerja atau buruh untuk mendapatkan hak setiap perayaan hari besar keagamaan.

Sumber: youtube/FX Amazing

Di sisi lain, THR juga menjadi dilema tersendiri pagi para pengusaha. Yang paling mudah menjadi alasan adalah pendemi COVID-19.

Bukan saja THR tidak dibayarkan, malahan akibat pendemi, banyak yang justru kehilangan pekerjaan lantaran di PHK. Tercatat, hingga Desember 2020, sekitar 10 juta orang kena PHK akibat pandemi.

Namun demikian, meski banyak kasus PHK, pemerintah melalui Kementerian Tenaga Kerja menegaskan pengusaha untuk membayarkan THR bagi karyawannya selambat-lambatnya satu pekan sebelum hari raya keagamaan.

Bahkan berdasarkan Aturan Menaker soal pemberian THR keagamaan dalam Surat Edaran Nomor M/6/HK.04/IV/2021, THR tahun ini wajib dibayarkan penuh kepada pekerja dan buruh.

Ha ini tentu menjadi kabar gembira bagi pekerja dan buruh. Namun, sering kenyataannya di lapangan, masih ditemukan pekerja dan buruh yang tidak mendapatkan THR sesuai ketentuan, bahkan tidak memperolehnya sama sekali.

Mengantisipasi hal itu, Kemenaker membuka posko THR Keagamaan tahun ini. Posko ini memberikan sejumlah fasilitas meliputi pelayanan informasi, konsultasi, pengaduan pelaksanaan pembayaran THR, hingga memantau penegakan hukum pelanggaran pembayaran THR keagamaan.

Posko ini, kata Menteri Ida Fauziyah tersedia dalam layanan luar dan dalam jaringan. Layanan luar jaringan di buka di posko THR di ruang Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSA) Kemnaker beralamat di Jalan Gatot Subroto Kav. 51 Gedung B Lantai 1, Jakarta Selatan.

Namun, jika tidak dapat ke lokasi itu, setiap pekerja atau buruh bisa mendapat layanan secara daring melalui www.bantuan.kemnaker.go.id, atau bisa juga melalui call center 1500 630.

Posko layanan THR Kemnaker ini dibuka mulai 20 April hingga 20 Mei 2021. Sedangkan posko THR luring dibuka selama jam kerja, mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Sementara, posko layanan maupun pengaduan THR biasanya juga di buka di dinas provinsi maupun kabupaten/kota di Indonesia.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password