Kenali Hendi Prio Santoso, Dirut Semen Indonesia yang Berprestasi

sumber foto: https://sig.id/id/

Covesia.com – Akhir-akhir ini, prestasi Hendi Prio Santoso berhasil merebut perhatian banyak orang. Meskipun namanya belum begitu dikenal oleh masyarakat umum. Namun, berkat berbagai prestasi yang ditorehkan banyak orang yang penasaran dan akhirnya berusaha mencari tahu sosok Hendi Prio Santoso.

Pria berkebangsaan asli Indonesia itu merupakan Direktur Utama Perusahaan Gas Negara (PGN). Jabatan itu diamanahkan kepadanya sejak 13 Juni 2008. Berhasil menduduki posisi penting dalam waktu yang sudah cukup lama membuktikan bahwa sosok Hendi memang merupakan pemimpin yang kompeten.

Mengenal Lebih Dalam Sosok Hendi Prio Santoso dan Prestasi yang Diraihnya

Dalam bidang pemerintahan, nama Hendi cukup dikenal akrab. Hal tersebut tidak terlepas dari sejumlah jabatan yang pernah dipegangnya. Sebelum menjadi Dirut PT PGN, Hendi memulai karirnya sejak tahun 1990 hingga 1991 di PT Bank Niaga. Setelah itu, bekerja di Citibank NA hingga tahun 1996.

Sejak saat itulah deretan prestasi Hendi Prio Santoso semakin banyak yang pada akhirnya ikut memberikan pengaruh baik pada karirnya. Pada waktu itu, ia ditunjuk untuk memegang jabatan sebagai Vice President di PT. Perdana Multi Finance. Kegemilangan karir itu terus berlanjut dengan diangkatnya Hendi sebagai Direktur Pengembangan pada PT Perdana Inti Investama.

Tidak hanya itu, dalam jangka waktu 1998 hingga 2001 ia memegang jabatan di PT Bahana Securities sebagai Associate Director. Sejak saat itu, ia mulai ditawari jabatan direktur. Mulai dari Direktur PT. Anugrah Cipta Investama pada tahun 2001 hingga 2004. Kemudian 2004 hingga 2007 ia memegang posisi Direktur Investment Banking di PT JP Morgan Securities Indonesia.

Berbagai prestasi Hendi Prio Santoso tersebut mengantarkannya menduduki jabatan sebagai Direktur Keuangan. Pada saat itulah, ia terlibat kerja sama dengan mantan Gubernur DKI Jakarta yang sekarang menjabat sebagai Presiden Indonesia, yaitu Joko Widodo. Kerja sama yang dilakukan saat itu bertujuan untuk menangani masalah Bahan Bakar Gas (BBG) bus TransJakarta.

Hal tersebut karena pada saat itu Hendi memang sedang berfokus membangun berbagai infrastruktur gas. Dalam hal ini, terkhusus bagi sektor transportasi, industri, dan pembangkit listrik. Cara memimpinnya yang sangat baik membuat Hendi berhasil meraih jabatan sebagai Direktur Utama dari Perusahaan Besar PT Semen Indonesia (SIG)

Menariknya, sosok Hendi Prio Santoso kembali diagung-agungkan karena berhasil mempertahankan PT SIG di tengah adanya persaingan sengit industri. Ia pun sukses menyelamatkan PT SIG dari beratnya tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang berlangsung setahun belakangan ini.

Prestasi Hendi Prio Santoso itu berhasil mengantarkan PT Semen Indonesia keluar sebagai pemenang dari The Most Resilient BUMN. Dalam hal ini, untuk kategori Public Company Non-Financial with Asset Above 15 T. Deretan pencapaian itu tentu tidak dapat dilepaskan dari pendidikan yang telah diperoleh Hendi di University of Houston Amerika Serikat.

Berkat hal itu pulalah, hanya berselang tiga tahun setelah menduduki jabatan Direktur Utama di PT PGN Hendi kembali mencetak prestasi. Dalam hal ini, pada 2011 di bawah kepemimpinannya, PT Perusahaan Gas Negara (PGN) meraih laba bersih sebesar Rp. 5,93 triliun.

Seluruh prestasi Hendi Prio Santoso tersebut membuat namanya mulai dikenal harum oleh publik terutama di kalangan pemerintah pusat. Hal tersebut pun sangat wajar mengingat perjalanan karirnya yang sudah cukup panjang dengan berbagai capaian luar biasa. Tidak mengherankan jika akhirnya ia kini menjadi salah satu sosok yang sangat dikagumi oleh banyak orang.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password