Kolom Agama di KTP Adalah Identitas

Pasaman Barat—-Pengosongan kolom agama pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) akan membuat masyarakat bingung. Sebab selama ini kolom agama bagi umat Islam adalah identitas yang harus tetap ada.

“Kalau dihilangnya kolom agama tersebut maka membuat Islam kehilangan ciri khas” kata Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat kepada Covesia.com, Rabu (12/11-2014).

Ia mencontohkan, kalau terjadi kecelakaan berat dan kematian terhadap seseorang, maka yang pertama sekali dilihat adalah agamanya. Apabila agama urusan pribadi, maka sekulerisme telah melaju dengan angkuhnya.

Bahkan, yang lebih parah lagi kalau tidak ada lagi kolom agama, maka boleh jadi akan memberi peluang kembalinya ajaran atheis. Hal ini sangat bertentangan dengan sila pertama yaitu ketuhanan yang maha esa.

“Mudah-mudahan wacana murahan ini tidak akan terlaksana, mengingat toleransi beragama di NKRI telah terjalin dan terbina dengan baik” sebutnya.

Ia mengingatkan, jangan coba-coba merusak tatanan yang telah mapan, nanti akan berhadapan dengan umat yang notabenenya komunitas terbesar di nusantara ini.

Sampai saat ini, polemik pengosongan kolom agama pada KTP terus menuai pro dan kontra. Ada pihak yang setuju adanya kolom untuk menyelipkan agama, ada juga yang menganggap hal itu sebagai pelanggaran konstitusi dan sebagainya.(man/lif)

0 Comments

Leave a Comment

four − 3 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password