Hingga Oktober 2014, 480 Imigran Masuk ke Pekanbaru

Pekanbaru – Hingga Oktober 2014, tercatat sekitar 480 orang imigran asing masuk ke Pekanbaru, Riau. Para imigran pencari suaka politik yang masuk ke Pekanbaru tersebut berasal dari Afganistan dan Syria.

Kasi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) Kantor Imigrasi Kelas I Pekanbaru, Zakaria, mengatakan selama Tahun 2014, jumlah imigran yang masuk ke Pekanbaru terbanyak berasal dari Afganistan yakni sekitar 400 orang.

“Yang paling banyak dari Afganistan. Bulan September saja jumlahnya mencapai 127 orang.”kata Zakaria seperti yang dilansir GoRiau.com.

Menurutnya, kehidupan mereka ditanggung oleh International Organization for Migration (IOM). Mereka tercatat sebagai pengungsi dan terdata oleh badan PBB yang mengurus pengungsian, UNHCR. Masing-masing mereka memegang sertifikat yang dikeluarkan oleh UNHCR.Dia menambahkan, masuknya imigran gelap ini ke Indonesia, terjadi juga karena adanya sindikat internasional yang mencari keuntungan dari kondisi mereka di negara asal. Iming-iming penghidupan yang lebih baik di negara tujuan, sering dijadikan modus. (wdu/ary)

0 Comments

Leave a Comment

18 − nine =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password