BerandaWarna WarniMenparekraf Sandiaga Uno Selalu Cari Masakan Padang Saat Keliling Indonesia

Menparekraf Sandiaga Uno Selalu Cari Masakan Padang Saat Keliling Indonesia

- Advertisement -

Covesia.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan Kota Padang “is a winner”.

Hal itu karena setiap kali dirinya berkeliling ke seluruh Indonesia, setiap kali mendarat di satu tempat makan kuliner lokal yang bagus dan itu sangat membahagiakan.

“Namun, pas hari keduanya, banyak yang mencari masakan Padang. Menurutnya, inilah ciri khas yang harus dipertahankan,” ungkapnya di Padang, Minggu (29/8/2021).

Sandiaga juga mengatakan bahwa pariwisata dan ekonomi kreatif tidak bisa jalan sendiri. Perlu dukungan dan kerjasama semua pihak.

“Dalam situasi pandemi Covid-19 pemerintah sudah membangun satu road map. Peta jalan bagaimana hidup berdampingan yaitu protokol kesehatan Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability (CHSE). Terutama dalam menjalankan ekonomi kreatif di Indonesia.

Program Sertifikasi CHSE atau Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan kata Sandiaga adalah proses pemberian sertifikat kepada usaha pariwisata, usaha atau fasilitas lain terkait, lingkungan masyarakat, dan destinasi pariwisata secara gratis.

“Kita juga bangun protokol kebanggaan, yaitu Gernas bangga buatan Indonesia. Tapi bangga buatan Indonesia itu harus kita kerucutkan menjadi beli produk kreatif lokal, dan pakai produk kreatif lokal,” imbuhnya.

Hal ini, kata Sandiaga, tentunya diperlukan kolaborasi, kerjasama dan harus turun tangan untuk mewujudkannya.

“Jangan mau lepas tangan, jangan jadi kaum rebahan. Tapi jadilah agen perubahan terus bangkitkan ekonomi kreatif Indonesia,” tuturnya.

Pariwisata tidak akan bergerak sendiri, sehingga perlu sisi ekonomi kreatif dan ini adalah ciri menuju pariwisata berkelas dunia berdaya saing dan juga mampu untuk bangkit disaat sulit berkelanjutan dalam menjaga lingkungan.

“Mari kita dorong ekonomi kreatif untuk bisa mensejahterakan masyarakat. Saya yakin produk kita bisa berdaya saing dengan produk luar negeri, berarti kita juga harus menjadi lokomotif. Kita lakukan hal-hal baru yang membangkitkan semangat kita dan cinta kepada produk anak bangsa,” katanya.

Tak hanya itu, Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa pada akhirnya kembali kepada hadirnya pemerintah. Walikota, kadis dan juga ibu-ibu sebagai penggerak harus terus mengembangkan aspek pariwisata dan ekonomi kreatif karena kota Padang ini “is a winner”.
(lia)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -