16 Tahun Tragedi Semanggi Diperingati Khidmat

Jakarta – Segenap civitas akademi Kampus Atma Jaya, Jakarta, terlihat khidmat saat digelarnya peringatan 16 tahun peristiwa berdarah Semanggi .

Puluhan mahasiswa, lembaga masyarakat, hingga para orang tua korban tragedi berkumpul untuk mengenang sekaligus menagih janji pemerintah untuk menuntaskan pengusutan kasus yang dinilai melanggar HAM yang terjadi saat reformasi bergulir tahun 1998 itu.

“Sudah enam belas tahun, masih belum ada perkembangan untuk penyelesaian kasus penembakan terhadapa anak saya Wawan,” lirih,Sumarsih.

Namun, katanya, sudah ada komitmen dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk menuntaskan penanganan kasus itu yang dituangkan dalam visi misi selama mereka kampanye dahulu.

“Mereka katanya akan menyelesaikan pengusutan kasus pelanggaran HAM di masa lalu, termasuk Semanggi I dan II,” kata Sumarsih.

Ia juga mengatakan pemerintah sekarang juga ada komitmen untuk menghapus impunitas di semua sistem hukum Indonesia.

“Tapi, saya belum mendengar kata-kata langsung Pak Jokowi, langkah ke depannya seperti apa,” katanya.

Dirinya bersama orang tua korban lainnya yang kini tergabung dalam Aktivis Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan masih menunggu tindak lanjut dari janji mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

“Selama ini tidak pernah ada pihak yang mengaku menembak Wawan, bahkan ketika kami menuntut penyelesaian kasus di pengadilan, itu tidak pernah terwujud,kami berharap era pemerintahan baru ini bisa mengeksekusi para pelanggar HAM itu”harapnya.(ant/jmb)

0 Comments

Leave a Comment

14 − 7 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password