- Advertisement -
HomeWarna WarniDijadikan Batu Akik, Kapak Batu Sentani Terancam Punah

Dijadikan Batu Akik, Kapak Batu Sentani Terancam Punah

Covesia.com – Kapak batu yang merupakan alat tukar dan mas kawin asal Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, terancam punah karena dijadikan batu akik oleh warga.

“Demam batu akik yang melanda Kabupaten Jayapura dan sekitarnya telah menggerakan perekonomian warga, juga telah meningkatkan nilai batu lokal,” kata staf peneliti dari Balai Arkeologi Jayapura, Hari Suroto di Papua, Selasa (14/4/2015).

Namun, hal itu juga mengkhawatirkan, karena kapak batu yang merupakan benda cagar budaya itu belakangan ini dipotong kecil-kecil lalu dijual sebagai bahan untuk membuat batu akik.

Penjualan batu akik dari potongan kapak batu itu, dapat terlihat di jalan masuk ke arah Bandara Sentani maupun di sentra-sentra penjualan batu akik yang ada di Jayapura.

“Hal ini jika dibiarkan terus menerus, maka dikhawatirkan kapak batu akan punah,” katanya.

Kapak batu merupakan peninggalan nenek moyang yang banyak dimiliki oleh orang Sentani, hingga kini masih dipergunakan sebagai mas kawin dalam acara adat.

“Kapak batu terbuat dari batu yang berasal dari Gunung Cyclops berwarna hijau, jenis batu ini banyak diminati oleh konsumen batu akik,” katanya. (ant/uji)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya