Buru Babi Tradisi Budaya yang Perlu Dilestarikan

Padang Pariaman – Tradisi berburu babi hutan atau yang lebih dikenal dengan sebutan landeh merupakan salah satu tradisi unik yang patut dilestarikan. Tradisi ini hingga kini masih bisa dilihat di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat.

Tradisi yang sudah berlangsung turun-temurun tersebut sudah menjadi bagian tersendiri dalam kehidupan sosial masyarakat Sumbar yang mayoritas sumber kehidupannya lekat dengan alam. “Berburu babi hutan di Padang Pariaman berbeda dengan berburu di daerah lain. Di tempat lain mungkin hanya sebatas menyalurkn hobi. Namun, di sini karena terikat adat,” tutur Muncak Barus kepada covesia.com, Minggu (16/11/2014).

Disela-sela acara perburuan babi yang digelar dalam prosesi acara pengangkatan datuk baru Suku Tanjung di Korong Ladang Rimbo, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman, Barus mengatakan, sebagian masyarakat Minang, kegiatan ini terus digelar. Hal itu mengingat dari kehidupan masyarakat yang sangat tergantung dari hasil pertanian. “Disamping melestarikan tradisi, berburu juga sebagai salah satu cara masyarakat membasmi babi yang dianggap sebagai hama tanaman pertanian,” katanya.

Dengan demikian, katanya lagi, banyak hal positif yang bisa diambil dari digelarnya perburuan babi. Disamping membantu masyarakat dalam membasmi hama, berburu juga dijadikan sebagai ajang silaturahim masyarakat. “Dan tentunya sebagai bentuk melestarikan salah satu tradisi budaya,” tuturnya mengakhiri. (adi/cal)

0 Comments

Leave a Comment

eighteen − 2 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password