Pemko Pekanbaru Terapkan Perda Tentang Sumur Resapan

Pekanbaru – Untuk mengatasi banjir yang sering terjadi di Kota Pekanbaru, Riau, Pemerintah Kota akan melaksanakan Peraturan Daerah (Perda) No 10 tahun 2006 tentang sumber daya air dan sumur resapan.

Dalam perda tersebut tertuang kewajiban masyarakat khususnya dunia usaha untuk membuat sumur resapan di areal yang dimiliki.

”Dengan adanya sumur resapan, maka beban parit yang mengalirkan air ke sungai akan semakin kecil. Sehingga banjir bisa dikurangi,” ujar Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi kepada goriau dan dilansir covesia, Kamis (20/11/2014).

Menurut Ayat, banjir yang terus melanda Kota Pekanbaru disebabkankan tidak mampunyai saluran air menampung kapasitas yang besar untuk dialirkan ke sungai. Oleh karena itu perda ini harus segere direalisasikan.

Pengelolaan sumber daya air tanah harus dilakukan secara bijaksana oleh semua pihak denagan bertumpu pada aspek teknis dan aspek hukum dan kelembagaan dengan benar.

”Dinas terkait hendaknya menjalankannya dan kepada Camat dan Lurah juga harus ikut mensosialisasikan kepada masyarakat,” jelasnya. (rls/ary)

0 Comments

Leave a Comment

14 + fourteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password