Piara Burung, Hobby dan Uang

Padang – Satu dari sekian banyak jenis kegiatan mengoleksi satwa, yang saat ini cukup banyak digandrungi kaum lelaki adalah hobby memelihara burung berkicau, seperti burung cucak rowo, burung anis, kenari dan burung jenis lainnya.

Salah Seorang Pecinta Burung Berkicau, Yandri (47) di Jalan Ujung Tanah Kecamatan. Lubuk Begalung, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), bercerita kenapa ia suka memelihara burung sejak lima tahun lalu. Kesukaan Yandri merawat burung bermula dari ajakan temannya yang menyaksikan lomba kicauan burung yang diadakan di GOR H. Agus Salim Padang.

Yandri memelihara segala jenis burung mulai dari yang umum seperti, perkutut, burung-burung kecil seperti pleci, prenjak, burung impor seperti lock bird paruh bengkok, dan burung jenis lainnya.

“Merawat dan memelihara burung ini tidak terlalu rumit, cukup dengan melengkapai makan, minum serta memperhatikan kebersihan kandang dan jngan lupa pula memberikan vitamin supaya suaranya kicauannya indah dan bersih,” katanya Yandri kepada covesia Sabtu, (22/11/2014).

Disebutkan Yandi, yang paling banyak peminatnya burung-burung kecil seperti prenjak, Cimblek atau Penthet (cendet). Untuk penthet yang sudah jadi ocehanya, biasa kita jual Rp200 ribu, untuk burung kelas menengah yang kini sedang tren, semacam kenari. Kenari tetap masih jadi salah satu primadona, karena perawatannya gampang. Cukup diberi makan serta dijemur setiap pagi dan sore.

Dan bila anda punya burung dengan kicauan yang menggoda, datangilah event-event lomba burung, untuk memamerkan kicauan burung kesayangan anda. Berminat? Biasanya Festifal Kicauan Burung sering dilakukan di GOR H. Agus Salaim Sumatera Barat Padang. Mana tahu burung anda menang dan dihargai mahal. Dan hobby juga bisa menghasilkan uang. (def/cal)

0 Comments

Leave a Comment

2 × one =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password