Ombudsman: ‘Kartu Sakti’ tak Dibiayai Dana CSR

Jakarta – Ketua Ombudsman RI Danang Girindrawardana menyatakan, hasil penelitian sementara Ombudsman mengenai ‘kartu-kartu sakti’ yang diluncurkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bukanlah berasal dari dana coorporate social responsibility (CSR) perusahaan. Beberapa waktu lalu pemerintah telah meluncurkan tiga kartu yaitu Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Namun dana yang digunakan untu kartu-kartu itu berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Biaya-biaya kartu memang benar penggunaannya bukan dari dana CSR, tapi melalui APBN. Penelitian kami belum sampai pada pos mana anggaran pembiayaannya,” ungkap Danang usai diskusi di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (22/11).

Dalam dua pekan terakhir, kata Danang, Ombudsman telah melakukan penelitian terhadap program kartu-kartu Presiden Jokowi. Penelitian berawal dari polemik ditengah-tengah masyarakat mengenai dugaan penggunaan dana CSR untuk program kartu sakti tersebut. Tentunya polemik itu memunculkan dugaan bagi lembaga pengawas penyelenggara layanan publik adanya potensi pemborosan dan tumpang tindih dengan program serupa di sejumlah daerah.

“Hasil penelitian sementara, Ombudsman juga menemukan adanya 40 hingga 60 daerah yang mempunyai program serupa dengan kartu sakti Presiden Jokowi. Seperti sistem asuransi daerah yang ada di Bali, Solo, Yogya dan DKI Jakarta serta daerah lainnya. Kalau ini dibiarkan, maka negara akan terbeban dalam dua kelompok pengeluaran yang sama,” terangnya.

Untuk itu, Ombudsman meminta Presiden Jokowi memikirkan ulang program kartu tersebut. Danang menilai program pemerintah pusat yang menerbitkan kartu sakti tidak bisa berjalan bersamaan dengan program serupa di beberapa daerah.

“Di pusat tidak harus dihentikan, tapi di daerah mesti diatur. Kebijakan nasional lebih tinggi dibandingkan kebijakan di tingkat lokal. Makanya, di lokal ini lah yang harus diatur,” tukas Danang. (hat/cal)

0 Comments

Leave a Comment

2 × 1 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password