Bongkar Kasus Atasan Di Mata Najwa, Brigadir Rudy Ditahan

Kupang – Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur telah menetapkan Brigadir Rudy Soik sebagai tersangka dalam kasus dalam kasus penganiayaan terhadap Ismail Pati Sanga (30), warga Adonara, Kabupaten Flores Timur, NTT, Rabu (29/10/2014) lalu.

Penganiayaan itu terjadi ketika Ismail dijemput Rudy dan beberapa rekannya di Kelapa Lima, Kota Kupang.

Saat itu, Rudy meminta Ismail memberitahukan keberadaan Tony Seran, rekan Ismail, yang diduga merupakan anggota jaringan perdagangan manusia.

Ismail mengaku tidak tahu sehingga terjadi cekcok antara dia dan Rudy. Rudy kemudian memukul dan menendang dada Ismail.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda NTT Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Agus Santoso, mengatakan pada wartawan, setelah Rudy ditetapkan sebagai tersangka, ia tidak langsung ditahan.

Polisi mempertimbangkan Rudy bertindak kooperatif, tidak melarikan diri, dan tidak menghilangkan barang bukti. Rudy baru ditahan setelah ia tampil dalam acara “Mata Najwa” yang disiarkan di Metro TV pada Rabu (19/11/2014)lalu.

Muncul rumor atas penahan Brigadir Rudy Soid, yang menjadi penyidik pada Direktorat Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda NTT itu.
Karena ia nekad mengadukan atasannya, Direktur Krimsus Polda NTT Komisaris Besar Polisi MS ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) di Jakarta pada 19 Agustus 2014.

MS dituding menghentikan secara sepihak penyidikan kasus calon TKI ilegal yang sedang ia tangani.

Rudy mengatakan, kasus calon TKI ilegal itu terjadi pada akhir Januari 2014.

Ketika itu, ia bersama enam rekannya di Ditreskrimsus Polda NTT menyidik 26 dari 52 calon TKI yang diamankan karena tak memiliki dokumen.

Terkait laporannya ke Komnas HAM, Rudy menyatakan siap dipecat jika aduannya terbukti direkayasa.

Namun, jika komandan yang terbukti bersalah, maka dia meminta masyarakat dan pemerintah untuk menghukum pelaku.

Rudy juga meminta Polda NTT untuk tidak memperlakukan dirinya seperti musuh bagi polisi karena bagaimanapun dia dan komandannya adalah anggota polisi aktif.(jmb)

0 Comments

Leave a Comment

twenty − seven =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password