Ini Sejarah Hari Guru Nasional

Padang – Hari ini, Hari Guru Nasional (HGN) yang jatuh setiap tahun di tanggal 25 November merupakan penghormatan bagi jasa-jasa guru dalam mendidik anak muridnya.

HGN menjadi juga menjadi trending topic utama di twitter degan tag #Selamat Hari Guru. Pantauan covesia, beragam tanggapan, soal nasib guru dan ucapan terima kasih guru dikicaukan pengguna twitter. Ucapan yang sama juga terlihat di laman facebook.

Tahukah Anda, sejarah panjang HGN?

Hari guru sendiri ditetapkan Pemerintah Republik Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Selain Hari Guru Nasional, 25 November 1945 juga ditetapkan sebagai hari lahir Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

PGRI diawali dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada 1912. Organisasi ini bersifat unitaristik yang anggotanya terdiri dari para guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan pemilik sekolah.

Dua dekade berselang, nama PGHB diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Perubahan ini mengejutkan pemerintah Belanda, karena kata “Indonesia” yang mencerminkan semangat kebangsaan sangat tidak disenangi oleh Belanda. Sebaliknya, kata “Indonesia” ini sangat didambakan oleh guru dan bangsa Indonesia.

Kesadaran kebangsaan dan semangat perjuangan yang sejak lama tumbuh mendorong para guru pribumi memperjuangkan persamaan hak dan posisi dengan pihak Belanda. Hasilnya antara lain adalah Kepala HIS yang dulu selalu dijabat orang Belanda, satu per satu pindah ke tangan orang Indonesia.

Namun di zaman pendudukan Jepang segala organisasi dilarang dan sekolah ditutup sehingga PGI tidak dapat lagi melakukan aktivitas. Namun, semangat proklamasi 17 Agustus 1945 menjadi dasar PGI untuk menggelar Kongres Guru Indonesia pada 24—25 November 1945 di Surakarta.

Di dalam kongres inilah, tepatnya pada 25 November 1945, PGRI didirikan. Maka, sebagai penghormatan kepada para guru, pemerintah menetapkan hari lahir PGRI tersebut sebagai Hari Guru Nasional dan diperingati setiap tahun. (cal)

0 Comments

Leave a Comment

fifteen + twenty =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password