Ahok Diminta Segera Keluarkan Status Darurat Banjir di Jakarta

Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diminta agar lebih siap mengantisipasi bencana banjir di saat musim penghujan. Hal ini agar Jakarta lebih siap dalam menghadapi banjir di musim penghujan. Untuk itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama agar segera mengeluarkan pernyataan siaga darurat menghadapi bencana banjir.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pernyataan siaga darurat banjir adalah hal yang wajar dikeluarkan oleh Gubernur DKI Jakarta. Kepala daerah lainnya juga sudah ada yang mengeluarkan pernyataan siaga darurat bencana banjir tersebut. “Disarankan kepada Gubernur DKI itu mengeluarkan pernyataan darurat siaga banjir. Beberapa daerah sudah menyatakan darurat banjir selama November hingga Desember,” ungkap Sutopo kepada wartawan disela-sela acara seminar di Hotel Four Season, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (27/11).

Imbauan status siaga darurat banjir itu, kata Sutopo, mengacu bencana banjir di Jakarta pada awal 2013 dan 2014 lalu. Saat itu, sebulan atau dua bulan sebelum bencana banjir, Pemprov DKI Jakarta tidak mengeluarkan pernyataan darurat banjir. Sehingga saat itu seperti terjadinya kecolongan terhadap darurat banjir. Untuk tahun ini, BNPB berasumsi curah hujan ekstrem sehingga berpotensi banjir pada pertengahan 2015 mendatang.

“Apabila status siaga darurat ini sudah dikeluarkan Gubernur Basuki, maka BNPB akan membantu Pemprov DKI dengan beberapa upaya. Salah satunya yakni modifikasi cuaca yang bisa dilakukan pada Januari hingga Februari 2015,” kata Sutopo.

Status darurat ini bukanlah kondisi darurat militer, tapi hanya untuk memudahkan mekanisme dampak dan antisipasinya. “Karena idealnya sekarang sudah dikeluarkan Pemprov DKI,” ujarnya. (hat/lif)

0 Comments

Leave a Comment

eleven − 6 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password